Youtube Sembunyikan Dislike untuk Lindungi Kreator Pemula

Andrygmv.net —

Youtube¬†umumkan akan sembunyikan jumlah ketidaksukaan atau ‘dislike’ pada video-video yang tayang di platform tersebut.

Pihak Youtube mengatakan perubahan tersebut dilakukan untuk menjaga pembuat konten yang lebih kecil agar tidak menjadi sasaran serangan atau pelecehan.

“Interaksi yang saling menghormati antara pemirsa dan pembuat konten.” tulis pihak Youtube, dilansir dari The Verge.

Tombol dislike tetap ada, namun jumlahnya hanya akan dapat dilihat pembuat konten, tak lagi nampak secara umum.

Ini bukan keputusan mendadak, Maret lalu Youtube mengumumkan bahwa mereka sedang bereksperimen dengan menyembunyikan angka dislike secara publik.

Pembuat konten individu pun telah lama memiliki kemampuan untuk menyembunyikan peringkat pada video mereka.

Pantauan CNNIndonesia.com pada Kamis (11/11) pagi, angka dislike pada video Youtube masih nampak, dan belum ada perubahan tampilan kolom reaksi video.

Youtube menilai tombol dislike lebih banyak digunakan pengguna untuk menunjukkan pelecehan atau serangan, ketimbang sebagai reaksi ketidaksukaan pada sebuah video.

Perusahaan Youtube menggarisbawahi bahwa pengguna tetap masih bisa memberikan reaksi tidak suka atau penilaian negatif terhadap sebuah konten video.

Platform media sosial lainnya juga beberapa waktu ke belakang mulai mencoba untuk menyembunyikan angka reaksi, baik like maupun dislike.

Penyembunyian angka like/love sudah pernah dilakukan Instagram dan Facebook beberapa waktu lalu. Namun, dari pemantauan, pengaplikasian hal tersebut belum merata.

Beberapa video di Youtube pernah menjadi target ‘bully’ diserang sekumpulan pengguna dengan dislikes, termasuk di antaranya Youtube Rewind 2018 dan video musik Justin Bieber.

Keputusan Youtube sembunyikan dislike didasari oleh bentuk perlindungan terhadap kreator konten pemula, yang mencoba mencari peruntungan dan sukses di platform Youtube.

[Gambas:Youtube]

(tim)

[Gambas:Video CNN]