Wujudkan Indonesia Emas 2045, Ruangguru Solusi Tingkatkan Kualitas SDM

Andrygmv.net —

Pemerintah telah menyusun gagasan Indonesia Emas 2045 sebagai Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 25 Tahun. Gagasan ini menjadi visi pemerintah bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, visi ini terdiri dari 4 pilar, yaitu Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan, serta Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan.

Pada tahun 2045 nanti, Indonesia diprediksi akan memiliki 70 persen penduduk usia produktif, yaitu usia 15 hingga 64 tahun.

“Jika dimanfaatkan dengan baik, jumlah Sumber Daya Manusia ini dapat berdampak positif bagi pembangunan negara, tapi jika tidak maka bonus demografi ini justru akan menjadi beban negara,” demikian keterangan tertulis Ruangguru, Jumat (5/11).

Adapun untuk menciptakan SDM unggul di tahun 2045, maka perlu ada peningkatan taraf pendidikan rakyat Indonesia. Menurut data BPS, pada tahun 2020, rata-rata lama sekolah penduduk usia 15 tahun ke atas adalah 8,90 tahun atau setara kelas 3 SMP/sederajat dengan angka partisipasi kasar (APK) sebesar 84 persen untuk SM/sederajat dan 25 persen untuk Perguruan Tinggi.

Sedangkan target yang ingin dicapai pada tahun 2045 adalah meningkatkan rata-rata sekolah menjadi 12 tahun, APK SMA sederajat sebesar 90 persen dan APK Perguruan Tinggi dapat mencapai 60 persen.

“Indonesia memerlukan SDM yang unggul untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Mengingat angka pendidikan di Indonesia masih kurang untuk mencapai tujuan ini.”

Karena itu, guna mencapai masa keemasan pada 2045 dengan SDM yang unggul, mulai dari sekarang Indonesia harus fokus pada peningkatan kualitas pendidikan. Fokus dari pengembangan SDM ini adalah anak-anak generasi muda yang nantinya akan menjadi SDM usia produktif di tahun 2045.

Untuk menghasilkan tenaga kerja unggul dan terampil, diperlukan sistem pendidikan yang lengkap dan menyeluruh sejak usia dini. Berbagai inovasi teknologi di bidang pendidikan kini menjadi cara efektif untuk mencapai tujuan ini. Khususnya dengan perkembangan zaman, digitalisasi, serta perubahan cara belajar akibat pandemi.

Demi mewujudukan visi Indonesia, Ruangguru bisa menjadi solusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Ruangguru menawarkan materi pembelajaran yang komprehensif, dari usia dini hingga sekolah menengah.

Sebagai penyedia layanan belajar online terbesar di Asia Tenggara, Ruangguru menawarkan berbagai materi pembelajaran yang komprehensif. Dilengkapi dengan Ruangbelajar SD untuk pendidikan early learning (kelas 1 – 6 SD) hingga pendidikan vokasi dan persiapan masuk perguruan tinggi.

Ruangguru juga menyediakan materi untuk semua jenjang, bahkan SMK. Ruangguru menyediakan Ruangbelajar SMK dengan jurusan yang tersedia; Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring dan Pemasaran, Multimedia, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan. Ruangbelajar SMK ini juga sudah memuat materi SMA.

Untuk Ruangbelajar SD, Ruangguru menawarkan inovasi baru dalam cara belajar anak, tersedia untuk kelas 1 – 6 SD. Anak-anak bisa belajar di ruangbelajar dengan menonton video beranimasi dan interaktif yang mengajarkan materi sekolah.

Video pembelajaran ini juga disampaikan oleh karakter menarik seperti Dafa, Lulu, dan teman teman yang lain untuk menciptakan pengalaman belajar sambil berpetualang mengikuti alur cerita yang menarik untuk anak anak.

(osc)

[Gambas:Video CNN]