Warga Diimbau Jangan Makan Ikan Mola-mola: Banyak Parasit

Denpasar, CNN Indonesia —

Masyarakat dihimbau jangan memakan daging ikan Mola-mola karena banyak bakteri dan parasit di dalam tubuh ikan itu.

Kepala Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar Permana Yudiarso mengatakan, untuk warga yang menemukan atau menangkap ikan jenis Mola-mola jangan sampai dijadikan konsumsi karena sangat berbahaya untuk kesehatan.

Ia mengatakan, dari hasil beberapa nekorupsi bahwa di tubuh ikan Mola-mola terdapat banyak cacing, bakteri dan parasit serta jamur dan bila dikonsumsi akan sangat membahayakan.

“Kami ikut nekorupsi, ada bakteri dan seterusnya. Jadi, kalau dimakan bisa bahaya, masyarakat kan tidak paham dipotong-potong dan dagingnya dimakan. Biasanya, banyak ditemukan parasit kalau kita belah. Jadi hati-hati, kalau menemukan jangan sampai nanti parasitnya msuk ke kita kalau dimakan. Bahaya ini,” kata Yudiarso saat dihubungi, Rabu (24/11).

Ia juga menyebutkan, bahwa sebenarnya ikan Mola-mola hidup di perairan dalam dan biasa muncul ke permukaan untuk menghangatkan tubuhnya sekaligus dengan perairan yang hangat itu bisa melepas jamur dan parasit ditubuhnya.

“Dia muncul ke permukaan itu, membersihkan dari parasit yang nempel dari dalam tubuhnya. Naik ke atas untuk menghangatkan, jadi dengan hangatnya perairan yang nempel-nempel itu banyak itu jamur dan segala macamnya lepas,” ujarnya.

“Kami khawatir, daging ikan itu mengandung banyak parasit. Ini pengalaman kami waktu nekropsi ikan Mola-mola yang terdampar di Tanjung Benoa (Denpasar). Dimana dalam tubuhnya banyak parasit yang berbahaya bagi manusia,” ujar Yudiarso.

(kdf/eks)

[Gambas:Video CNN]