Wanita Berhijab, Iniloh Cara Yang Tepat Untuk Merawat Rambutmu

Memiliki rambut yang sehat adalah idaman bagi semua wanita, tidak terkecuali bagi wanita-wanita muslimah yang menggunakan hijab. Hijab sendiri telah memberikan perlindungan bagi rambut , karena rambut yang tertutup oleh hijab dapat terhindar dari paparan matahari, polusi, serta bahan kimia yang biasanya digunakan untuk menata rambut.

Cara tepat Merawat rambut bagi hijabers

 

Namun rambut yang telah terlindungi dengan hijab akan mengalami kerusakan juga jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Perbedaan kondisi rambut yang tertutup hijab dengan yang tidak tertutupi membuat cara merawat rambutnya juga sedikit berbeda.

Di bawah ini adalah cara yang tepat untuk merawat rambut yang selalu tertutup hijab agat keindahan dan kesehatan tambut tetap terjaga.

1. Rutin menyisir rambut

Rutin menyisir rambut
Rutin menyisir rambut adalah langkah utama untuk mencegah rambut kusut dan dapat mengurangi kerontokan akibat rambut patah. Saat menggunakan hijab tatanan rambut yang selalu digunakan adalah dengan mengikat rambut.
Gunakan sisir dengan rongga yang sedang, sisirlah rambut secara rutin minimal dua kali sehari. Selain mencegah rambut rontok, hal ini juga dapat membantu memperlancar peredaran darah di dalam kulit kepala. Pastikan juga selalu mengganti arah belahan rambut, agar garis tepi rambut tidak menjadi tipis dan mengakibatkan kerontokan.

2. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Jangan mengikat rambut terlalu kencang
Mengikat rambut menjadi hal yang selalu dilakukan oleh para hijabers, karena rambut yang terurai dapat membuat rasa gerah dan panas akan semakin terasa. Namun jika mengikat rambut terlalu kencang juga dapat merusak rambut serta memperparah kerontokan.
Jika tetap ingin mengikat rambut, maka langkah yang tepat adalah mengikat rambut dengan ikatan yang longgar. Atau alternatif lainnya adalah dengan memotong rambut menjadi lebih pendek agar tidak perku diikat.

3. Jangan kenakan hijab saat rambut masih basah

Jangan kenakan hijab saat rambut masih basah
Ini adalah kebiasaam buruk yang sering dilakukan oleh mereka yang berhijab. Saat rambut masih basah adalah saat-saat dimana rambut rentan rusak jika tidak diperlakukan dengan baik dan benar. Menggunakan pengering rambut juga bukan pilihan yang tepat, namun jika benar-benar harus menggunakannya maka aturlah pada suhu rendah atau sedang, untuk meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan.

4. Gunakan shampoo khusus

Gunakan shampoo husus
Shampo yang dirancang khusus untuk rambut yang tertutupi hijab sudah mulai banyak beredar di pasaran. Rambut yang tertutupi oleh hijab cenderung menjadi lembab dan berminyak, sehingga membutuhkan shampo dengan kandungan komposisi yang ringan untuk merawatnya.
Menggunakan masker rambut juga sangat dianjurkan, hal ini berfungsi untuk memberikan asupan vitamin pada rambut. Berikan pijatan-pijatan pada rambut dan kulit kepala, agat rambut tumbuh lebih sehat.

5. Memilih bahan hijab yang tepat

Memilih bahan hijab yang tepat
Jadi hijaber harus tahu mana kain hijab yang ramah bagi kulit dan kain yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk rambut. Dengan begitu meski tertutup rambut masih tetap dapat bernapas dengan baik dan terjaga kesehatannya.
Kain katun merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan bahan untuk hijab. Karena kain ini memiliki rongga yang dapat memperlancar asupan udara bagi rambut meski dalam keadaan tertutup.

6. Merawat rambut dari dalam

Merawat rambut dari dalam
Perawatan dari luar saja tidak akan memperoleh hasil yang maksimal jika tidak diimbangi dengan perawatan dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang baik untuk rambut sangat penting agar rambut tetap sehat dan terawat.
Makanan yang banyak mengandung protein, asam amino dan zat besi seperti pada telur, salmon, bayam dan makanan bergizi lainnya yang sangat perlu untuk dikonsumsi. Meminum vitamin juga dapat menjadi alternatif untuk semakin menyehatkan rambut.

Itulah beberapa cara yang tepat untuk merawat rambut, khususnya bagi para pengguna hijab. Hanya karena rambut tertutup bukan berarti tidak perlu dirawat, justru sama saja harus dirawat namun dengan cara yang sedikit berbeda.

About The Author