Veloz Baru Mulai Diekspor ke 16 Negara 2022

Andrygmv.net —

Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) atau pabrik mobil Toyota di Karawang sudah mulai memproduksi Veloz baru untuk pasar domestik dan luar negeri. Toyota Veloz baru akan diekspor ke 16 negara mulai tahun depan.

“Kami akan memenuhi kebutuhan konsumen dalam negeri dahulu dan mudah-mudahan awal tahun depan kami sudah bisa ekspor ke 16 negara,” kata Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengutip Antara, Kamis (11/11).

Bob memprediksi, volume ekspor Veloz berkisar 4.000-4.500 unit per bulan ke sejumlah negara di Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Tenggara.

“Kami harapkan Veloz bisa menjadi andalan ekspor dan menjadi pilihan konsumen di negara-negara berkembang yang tipikalnya mirip dengan Indonesia,” ucap Bob.

Menurut dia, pada tahap awal TMMIN akan mengekspor low MPV all new Toyota Veloz dalam keadaan utuh atau completely built up (CBU) yang diproduksi dari Pabrik 2 di Karawang, Jawa Barat.

Ia berharap ekspor perdana Veloz ke mancanegara mulai tahun depan akan memperkuat dan melengkapi jajaran ekspor mobil-mobil Toyota, di samping meningkatkan penerimaan devisa dan pendapatan negara dari pajak.

Dikemukakan pula bahwa kendaraan yang dikembangkan di Indonesia itu akan menjadi model global Toyota dan bakal diproduksi juga di negara lain.

“Toyota Veloz mengikuti jejak kakaknya (Toyota) Innova yang lebih dahulu menjadi global model,” ujarnya.

Avanza tersedia empat varian, hanya satu yang menggunakan mesin 1.300 cc sedangkan lainnya 1.500 cc. Sementara Veloz menggunakan mesin 1.500 cc dan tersedia tiga varian. Ada tipe Transmover dengan penggerak roda belakang untuk mengisi pasar fleet atau pembelian borongan.

Ubahan Avanza baru dapat terlihat melalui desain eksterior yang dapat disimpulkan menyerupai Sport Utility Vehicle (SUV). Bahkan untuk area wajahnya mengingatkan kita pada produk Toyota yang lain, Corolla Cross.

Mobil ini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi hingga 1.700 mm, sedangkan wheelbase tercatat 2.750 mm. Ukuran ini membuat Avanza dan Veloz jadi lebih besar dari generasi sebelumnya.

Kemudian perubahan platformnya disebut sebagai transformasi Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF). Platform FF ini diklaim membuat Avanza lebih stabilitas dan juga ada pengaturan suspensi baru yang disebut membuat mobil ini lebih halus dan senyap.

Sementara tampilan desain eksterior mobil ini dipadukan dengan pelek 16 inci dengan tema 3 dimensi kontemporer bakal varian 1,5 G.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]