Toyota Mulai Jual Mobil Listrik Mungil C+Pod di Jepang

Andrygmv.net —

Toyota dilaporkan telah mulai menjual C+Pod di pasar Jepang. Kendaraan listrik mungil dua kursi penumpang untuk perjalanan dalam kota ini dapat melaju sejauh 150 kilometer dalam satu kali cas baterai.

Toyota C+Pod sebetulnya diperkenalkan pertama kali di Jepang pada Desember 2020, namun hanya diperuntukkan bagi pelanggan korporat dan sejumlah pelanggan khusus. Sekarang C+Pod tersedia untuk konsumen retail.

Toyota mengatakan C+Pod akan ditawarkan melalui kontrak sewa-beli atau lease-purchase di seluruh negeri.

Toyota C+Pod dinilai akan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat perkotaan yang sadar atas emisi kendaraan merusak lingkungan hidup dan menginginkan kendaraan harian yang bersih.

Kendaraan ini disebut sebagai salah satu kendaraan listrik paling ringkas di pasaran. Ada beberapa pilihan bodi dan tersedia dua atau tiga warna.

Dilansir dari Gizmo China, mobil ini dibekali baterai lithium-ion 9.06kWh dengan waktu pengisian normal 5 jam.

Kecepatan maksimal mobil ini 60 kilometer per jam. Radius putarnya sekitar 3,9 meter yang memungkinkan mobil keluar dari tempat parkir sempit. Ukuran kabin C+Pod tampak minimalis dengan ruang cukup untuk pengemudi dan penumpang.

Kemudian desain dasbor sederhana namun cukup menonjol dengan paduan warna hitam dan putih pada interiornya.

Dilansir dari Electric Drives, C+Pod akan dijual dengan seharga 1.650.000 yen atau sekitar Rp205 juta.

Harga yang relatif murah tersebut diharapkan dapat membantu untuk proses peralihan dari kendaraan konvensional berbahan bakar bensin ke kendaraan bebas emisi.

Meski demikian, kendaraan listrik dari Toyota ini baru akan dijual di Jepang dan kemungkinannya untuk tersedia secara global masih belum bisa dipastikan.

[Gambas:Video CNN]

(lnn/fea)