Toyota Cuma Jual Mobil Listrik di Eropa Mulai 2035

Andrygmv.net —

Toyota Motor berencana hanya menjual kendaraan nol emisi karbon dioksida di Eropa Barat pada 2035. Ini menjadi bukti kesungguhan Toyota ingin tetap kompetitif saat regulasi soal lingkungan semakin ketat.

Strategi ini diumumkan Toyota pada pekan lalu setelah Uni Eropa pada Juli lalu mengajukan proposal ‘Perjanjian Hijau Eropa’ yang di dalamnya termasuk larangan de facto atas penjualan kendaraan baru berbahan bakar bensin pada 2035.

Sebelumnya Toyota berencana membuat kendaraan nol emisi mewakili 40 persen penjualannya di Eropa Barat pada 2030. Nikkei Asia menjelaskan perubahan strategi seperti ini, hanya untuk regional tertentu, merupakan yang pertama bagi Toyota.

Penjualan di Eropa saat ini mewakili 10 persen total kinerja Toyota.

Toyota, produsen otomotif terbesar di dunia, sekarang sudah mengubah haluan ke mobil listrik dan fuel cell. Selama bertahun-tahun Toyota terlalu konsentrasi pada teknologi hybrid, sementara pasar dunia meminta hal berbeda.

Pada tahun depan Toyota bakal meluncurkan mobil listrik bZ4X, selain itu merek mewah Lexus juga bakal menghadirkan mobil listrik baru RZ.

(fea)

[Gambas:Video CNN]