Tombol Shuffle Album Adele Hilang di Spotify, Apple Music Masih Bisa

Andrygmv.net —

Layanan streaming musik Spotify akhirnya memutuskan untuk menghapus tombol shuffle atau acak lagu untuk semua album yang ada di platform mereka. 

Aksi ini sebagai tindak lanjut dari aksi serupa yang mulanya dilakukan hanya untuk album terbaru penyanyi solo Adele.

Usai merilis album 30, Adele mengajukan permintaan khusus pada Spotify. Penyanyi Inggris tersebut meminta tak ada tombol shuffle untuk album terbarunya. Hal tersebut berkaitan dengan keinginannya agar album didengar berurutan.

“Ini adalah satu-satunya permintaan yang saya miliki di industri kita yang terus berubah! Kami tidak membuat album dengan sangat hati-hati dan memikirkan daftar lagu kami tanpa alasan.” ucap Adele di Twitter.

“Seni kami menuturkan sebuah cerita dan cerita kami seharusnya didengarkan seperti yang kami inginkan. Terima kasih Spotify sudah mendengarkan,” lanjutnya.

 Namun, jika memutar album ini di layanan streaming musik pesaing seperti Apple Music, pengguna masih bisa menemukan tombol “shuffle” untuk album tersebut, seperti dilaporkan Engadget.

Mulanya, saat membuka laman sebuah album musik, pengguna Spotify Premium bisa mengacak lagu yang ingin mereka dengarkan di album itu dengan tombol shuffle play.

Jika dilakukan, maka pemutar lagu akan memainkan lagu-lagu dalam album secara acak di luar urutan album yang sebenarnya.

Kini, dengan dihilangkan tombol shuffle play, maka pendengar mesti menikmati semua lagu dalam sebuah album secara berurutan.

Dilaporkan tombol shuffle play juga telah hilang dari laman playlist, baik yang dibuat oleh Spotify maupun custom playlist yang dibuat oleh pengguna.

Chris Macowski, kepala komunikasi musik di Spotify, mengkonfirmasi fitur baru dengan menghilangkan tombol shuffle ini.

“Seperti yang disebutkan Adele, kami sangat senang untuk berbagi bahwa kami telah mulai meluncurkan fitur Premium baru yang telah lama diminta oleh pengguna dan artis untuk membuat tombol putar (play) default di semua album,” katanya seperti dikutip The Verge.

“(Sementara) bagi pengguna yang masih ingin mengacak album, mereka dapat membuka Tampilan Now Playing dan memilih tombol shuffle.”

[Gambas:Video CNN]

(fdh/eks)

[Gambas:Video CNN]