Tips Menjaga Rambut Panjang Agar Tetap Sehat Dan Tidak Mudah Rontok

Kerontokan seringkali dialami seseorang yang memiliki rambut panjang, hal ini terjadi karena akar rambut kurang mampu menopang beban rambut yang panjang atau bahkan karena kesalahan dalam perawatan rambut. Masalah rambut yang lain seperti rambut yang cepat kusut, bercabang atau kusam juga mengiringi hal tersebut.

Lalu sebenarnya, apa yang salah ketika sudah memakai shampoo, conditioner, dan bahkan vitamin rambut secara rutin. Ada beberapa penyebab, salah satunya adalah ketika sering melakukan styling yang tanpa disadari malah akan membuat rambut menjadi tidak sehat dan mudah rontok.

Jadi bagi yang memilikli rambut panjang dan seringkali mengalami kerontokan, beberapa tips di bawah ini dapat membantu mengatasinya.

1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup
Pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh kesehatan dan metabolisme tubuh yang sehat. Mereka yang kurang tidur lebih mungkin mengalami masalah rambut seperti rambut rontok dan kusam. Penuhi 8 jam waktu normal untuk tidur yang dibutuhkan tubuh untuk beristirahat.

2. Penuhi nutrisi rambut dengan mengonsumsi makanan yang bergizi

Penuhi Nutrisi rambut dengan mengonsumsi makanan yang bergizi
Makanan yang kita makan juga akan mempengaruhi semua aspek dalam tubuh tidak terkecuali pertumbuhan rambut. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, omega 3, vitamin B-komples, vitamin C, vitamin E dan zat besi yang cukup. Kebutuhan gizi yang terpenuhi dapat membantu rambut untuk tumbuh dengan sehat. Dapatkan nutrisi tersebut dari ikan, telur, daging, kacang-kacangan, biji-bijian, jeruk, jambu biji, stroberi, ayam, brokoli, pisang, kembang kol, susu, tomat, jagung dan sebagainya.

3. Hindari stress

Hindari stress
Metabolisme tubuh yang bekerja juga mempengaruhi kesehatan rambut. Beberapa aspek untuk menunjang penampilan cenderung luput dari perhatian ketika stres melanda, termasuk bagaimana seharusnya kita merawat rambut dengan teratur. Saat rambut tidak diberikan perhatian yang cukup, disitulah kerusakan rambut akan terjadi.

4. Kurangi penggunaan Hair Dryer dan alat Styling rambut lainnya.

Kurangi penggunaan Hair Dryer dan alat Styling rambut lainnya.
Sebelum menggunakan alat pemanas seperti hair dryer atau alat styling lainnya, gunakan lotion pelindung rambut agar tidak terjadi kerusakan. Dengan mengurangi penggunaannya, caranya cukup mengeringkan rambut secara alami dengan membiarkan sendiri sampai kering tanpa menggunakan hair dryer.

5. Rutin mencuci rambut

Rutin mencuci rambut
Mencuci rambut juga tidak boleh terlalu sering, setidaknya dua hari sekali dengan menggunakan shampoo, conditioner, dan vitamin rambut yang tepat. Produk shampoo yang tepat dengan jenis rambut juga harus diperhatikan, salah pakai produk malah menjadikan rambut tidak sehat. Perhatikan juga penggunaan kondisioner yang berfungsi untuk kelembaban rambut. Penggunaan vitamin juga perlu diperhitungkan karena bagaimanapun semua produk rambut yang mengandung bahan kimia kurang baik bagi rambut.

6. Menggunakan masker rambut yang alami

Menggunakan masker rambut yang alami
Bisa gunakan masker alami seminggu sekali untuk menambah nutrisi rambut dari luar. Masker alami ini juga bisa dibuat sendiri, dengan meracik sendiri dan memijatkannya ke seluruh rambut secara merata. Bahan alami yang bisa digunakan adalah telur, alpukat, lidah buaya, madu, pepaya, pisang, ampas kopi atau bahan alami lainnya. Masker alami ini berfungsi intuk melembabkan rambut, mengatasi rambut bercabang, rontok, ketombe dan masalah rambut lainnya.

7. Rutin memotong ujung rambut

rutin memotong ujung rambut
Untuk mencegah agar rambut tidak mudah bercabang, rutinlah untuk memotong ujung rambut. Pemotongan ini juga berguna untuk menjaga rambut tetap sehat. Potonglah ujung rambut minimal 2cm setiap 3 bulan sekali.

8. Menjaga kelembaban rambut

Menjaga kelembaban rambut
Jika seringkali beraktivitas di luar ruangan, menjaga kelembaban rambur adalah hal yang perlu diperhatikan. Bisa dengan menggunakan lotion rambut atau kondisioner untuk melindungi dari paparan sinar matahari. Bahan alami lain seperti minyak zaitun bisa di coba agar rambut mudah dirapihkan dan tidak mudah kusut.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar kesehatan rambut panjang tetap terjaga. Perawatan rutin yang dilakukan secara alami akan menambah rambut lebih kuat dan mengurangi kerontokan.

About The Author