Tips Cara Menjaga Rambut Agar Tetap Cantik Alami dan Tidak Mudah Rontok

Tips Merawat Rambut

Jika anda memiliki rambut yang panjang, mungkin akan sulit untuk merawatnya. Berikut ini akan dijelaskan tips menjaga rambut panjang agar terawat dengan baik dan terhindar dari kerontokan.

1. Gunakan Sisir yang Tepat
Saat anda akan menyisir rambut, pastikan sisir tersebut cocok untuk rambut anda. Pilihlah sikat bulu alami untuk menyisir rambut anda, karena memiliki struktur permukaan yang sama dengan rambut manusia dan juga lembut pada akar rambut anda. Menggunakan sikat bulu alami dapat meminimalkan gesekan saat menyisir rambut. Oleh karena itu rambut tidak akan tersangkut pada sisir dan membuat rambut halus tanpa menarik rambut keras-keras yang akan menyebabkan kerontokan.

Mulailah menyisir dari ujung rambut dan teruskan sampai ke akar. Jika ada rambut yang kusut gunakan dulu jari anda untuk menguraikannya. Lalu setelah semua rambut kusut telah terurai, rapihkan dengan menggunakan sisir secara perlahan dan lembut.

2. Kurangi Penggunaan Hair Dryer
Saat kamu selesai keramas biarkanlah rambutmu kering dengan sendirinya, jangan selalu menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya. Apabila kamu rutin menggunakan hair dryer akan berdampak buruk bagi keshatan rambut anda. Salah satunya apabila terlalu rutin menggunakan hair dryer dapat merusak kutikula rambut dan menyebabkan kerontokan.

Penggunaan Hair Dryer Berlebih

3. Keramas Menggunakan Air Dingin
Saat anda mandi dan keramas sebagian orang lebih ingin menggunakan air hangat, karena bisa mendapatkan efek yang lebih nyaman untuk tubuh. Tapi ternyata memakai air hangat untuk keramas tidak baik karena air hangat hangat dapat membuka kutikula kepala dan membuat rambut cepat rusak dan cepat rontok. Maka sebainya anda keramas menggunakan air dingin yang akan mencegah rambut anda rontok. Selain itu suhu kepala yang dingin akan memperlancar aliran darah yang mampu menjaga kekuatan akar rambut serta menjaga rambut agar tetap halus dan berkilau alami.

4. Hindari Menyisir Rambut Setelah Keramas
Setelah keramas sebagian orang pasti akan menyisir rambutnya, padahal menyisir rambut setelah keramas akan menyebabkan rambut rontok. Karena saat itu rambut sedang dalam kondisi yang sangat rapuh. Sebaiknya tunggu rambut anda mengering dan baru disisir. Namun jika tidak memiliki banyak waktu anda bisa mengeringkan rambut dengan bantuan alat pengering. Tetapi jangan terlalu sering juga anda menggunakan alat pengering karena dapat membuat rambut anda bercabang.

Hindari Menyisir Setetlah Keramas

5. Bersihkan Sisir atau Sikat Rambut Secara Rutin
Sisir adalah benda yang penting untuk membuat rambut anda halus. Namun penggunanya kerap lupa untuk membersihkan sisir yang sering digunakan. Jika hanya membuang helaian rambut yang menempel pada sisir sudah dikira cukup, anda salah. Karena kuman dan bakteri yang menempel pada sisir saat akan menyisir bakteri akan menempel pada kulit kepala kita yang akan menyebabkan kerontokan rambut belum terangkat sepenuhnya. Maka sebaiknya anda membersihkan sisir dengan bilasan air dan sabun, agar kuman dan bakteri yang menempel pada sisir akan terangkat dengan bersih dan membuat rambut anda bersih dan terhindar dari bakteri saat akan menyisir lagi.

6. Hindari menggosok-gosok rambut dengan handuk
Setelah keramas seringkali kita menggosok-gosokan rambut dengan handuk agar cepat kering. Tetapi sebenarnya hal tersebut dapat menyebabkan batang rambut menjadi kusut dan bercabang. Biasakanlah untuk mengeringkan rambut hanya dengan ditekan-tekan perlahan ke arah ujung rambut dengan handuk halus yang memungkinkan dapat mengurangi rambut kusut.

Menggosok Rambut Basah dengan Handuk

7. Konsumsi Makanan Bergizi
Makanan yang bergizi sangat bagus untuk menjaga rambut agar terhindar dari kerontokan. Banyaklah memakan makanan yang mengandung protein, asam lemak omega-3, vitamin B-kompleks, vitamin C, vitamin E. Sebaiknya anda juga menghindari makanan yang berminyak karena akan menyebabkan rambut anda mudah berminyak.

8. Gunakan Perawatan yang Sesuai Rambut Anda Dua Kali Seminggu
Untuk merawat rambut pastikan anda mengetahui rambut seperti apa yang anda miliki. Baik itu rambut kering atau berminyak pastikan anda menyesuaikan sampo dan conditioner yang dipakai untuk rambut anda. Selain itu anda bisa menggunakan minyak yang memiliki banyak vitamin E, seperti minyak zaitun atau atau minyak alpukat untuk melembabkan rambut anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik pada penggunaan minyak zaitun anda bisa memanaskan minyak zaitun pada wajan dengan api kecil setelah itu anda bisa mengaplikasikan ke rambut anda. Bungkus rambut anda dengan handuk dan diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas menggunakan air dingin. Minyak yang dipanaskan akan lebih mudah untuk diserap kedalam rambut.

About The Author

Reply