Tingginya Mencapai 100 Meter, Ini Dia Jembatan Kereta Tertinggi Se-Indonesia

Andrygmv.net – Jalur kereta kerap melintasi jembatan yang cukup tinggi untuk sampai ke stasiun tujuan. Pernahkah Anda penasaran, jembatan kereta terpanjang di Indonesia ada di mana?

Akun TikTok @kai121_ membeberkan jembatan kereta terpanjang se-Indonesia melalui unggahannya. Dalam video singkat berdurasi 59 detik itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengungkapkan hal tersebut.

Jembatan Sitomang menjadi jembatan kereta tertinggi se-Indonesia. Penumpang kereta jurusan Jakarta – Bandung akan melewati jembatan ini dalam perjalanannya.

Di salah satu sisi, terdapat Jembatan Sitomang lama yang telah dbangun pada tahun 1932. Jembatan tersebut memiliki panjang mencapai 230 meter.

Baca Juga:
Tak Mungkin Bocor atau Kempes, Ternyata Begini Cara Perawatan Roda Kereta

Ciri dari Jembatan Sitomang lama ini adalah pilar yang terbuat dari besi baja dengan pondasi beton tertanam setinggi 3 meter di dalam tanah.

Jembatan kereta tertinggi se-Indonesia (TikTok @kai121_)
Jembatan kereta tertinggi se-Indonesia (TikTok @kai121_)

Jembatan Sitomang lama itu kemudian berhenti dioperasikan pada tahun 2004 silam. Pada sisi sampingnya lalu terdapat Jembatan Sitomang baru.

Jembatan Sitomang baru dibangun pada tahun 2000. Pembangunan Jembatan Sitomang baru ini melibatkan ahli konstruksi jembatan kereta dari Austria dan selesai tahun 2004.

Jembatan Sitomang baru ini lebih panjang dari sebelumnya yakni 243 meter. Ketinggiannya juga mencapai 100 meter dari dasar Sungai Cisomang yang menjadikannya sebagai jembatan kereta tertinggi se-Indonesia.

Jembatan Sitomang baru menggunakan konstruksi rangka baja yang melengkung ke atas. Selain itu, jembatan ini juga punya rel ganda dan memiliki jalan kecil di pinggir untuk dilalui sepeda motor dan pejalan kaki.

Baca Juga:
7 Tempat Wisata di Palembang 2021, Mulai dari Bernuansa Alam Instagramable hingga Religi

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

“Keren banget pemandangan di sepanjang rel itu,” komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. “Wah, aku pernah lewat Jembatan Cisomang yang lama. Sampai sekarang masih ingat betul pemandangan di sana,” ujar warganet ini.

Sementara itu, hingga Sabtu (13/11/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 250 ribu kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!