Tidak Hanya Dikonsumsi, 7 Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Pengganti Sabun Pembersih loh!

Setiap bahan makanan memiliki kandungan yang berbeda-beda. Tiap kandungan yang ada dalam makanan punya peranannya tersendiri untuk menutrisi tubuh kita. Siapa sangka, kandungan dalam makanan ini tidak hanya bagus untuk menutrisi tubuh kita. Tapi juga bisa menjadi solusi yang tepat bagi yang ingin menghemat pengeluaran. Tidak perlu lagi beli sabun pembersih, cobalah dengan bahan yang ada di dapur ini.

1. Garam

Garam mampu membersihkan barang-barang dapur

 

Garam adalah bumbu mutlak yang harus ditambahkan pada setiap masakan ini cocok untuk membersihkan karat atau plak yang terdapat pada panci atau material besi lainnya. Sifat alami garam yang kasar dan abrasif bisa membantu untuk melepas plak yang menempel pada alat-alat tersebut.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mampu membersihkan barang-barang dapurSemua bagian pohon kelapa memang bisa dimanfaatkan, apalagi dengan minyak kelapanya. Minyak kelapa ini bisa digunakan untuk membuat furnitur kayu yang sudah usang kembali mengkilap. Selain itu minyak kelapa ini bisa dipakai untuk membersihkan kuas make up.

3. Saus Tomat

Saus tomat mampu membersihkan barang-barang dapurSebuah artikel dari huffington post menjelaskan bahwa kadar keasaman yang terkandung di saus tomat cukup kuat untuk membersihkan alat yang mengandung tembaga. Entah itu panci, sendok maupun perkakas dapur lainnya. Saus tomat juga bisa membuat motor atau mobil yang kusam terlihat lebih mengkilap.

4. Cuka

cuka mampu membersihkan barang-barang dapurTidak hanya enak untuk ditambahkan ke kuah bakso atau soto, bahan yang satu ini juga bisa untuk bersih-bersih. Cuka ini bisa dipakai untuk membersihkan bagian dalam lemari es, meja dapur, bahkan lemari bumbu di dapur. Cuka juga bisa membuat sayur dan buah-buahan yang di simpan di lemari es lebih awet. Caranya cukup masukkan mangkuk berisikan cuka ke dalam lemari es. Hal ini dikarenakan, kandungan asam asetat pada cuka bersifat anti kuman.

5. Lemon

Lemon mampu membersihkan barang-barang dapurLemon mampu membersihkan microwave yang bau dan kotor. Cukup masukan air perasan lemon ke dalam mangkuk dan microwave selama beberapa menit. Lalu usap microwave dengan kain maka bau dan kotoran di dalam microwave akan hilang dengan sekejap.

6. Baking soda

baking soda mampu membersihkan barang-barang dapurBaking soda atau sodium bikarbonat ini tidak hanya berfungsi untuk mengembangkan adonan kue saja. Tapi juga terkenal memiliki segudang manfaat untuk membersihkan. Diantaranya dapat memutihkan pakaian, membersihkan perhiasan yang sudah pudar, dan membersihkan noda membandel di karpet. Baking soda juga bisa digunakan untuk mencuci piring, caranya cukup taburkan ke spon pencuci piring dan tambahkan sedikit air.

7. Es batu

Es batu mampu membersihkan barang-barang dapur
Permen karet yang menempel di pakaian, di karpet, atau di bawah meja memang sangat susah dihilangkan. Meski dibilas dengan air sabun permen karet ini akan tetap menempel. Solusinya dengan menggunakan es batu, cukup tempelkan es batu pada noda permen karet. Tunggu hingga permen karet mengeras dan noda permen karet pun akan mudah dilepaskan.

Jika sewaktu-waktu sabun pencuci habis dan malas untuk berbelanja, cukup gunakan bahan diatas. Selain alami pasti bahan-bahan diatas selalu tersedia di dapur kan?

About The Author