Temuan Eksoplanet Baru, Durasi Setahun Hanya Tiga Hari

Andrygmv.net —

Sekelompok astronom dan peneliti Physical Research Laboratory (PRL) di India telah mengidentifikasi sebuah Eksoplanet atau planet exo raksasa, di mana hanya mengorbit beberapa hari saja.

Planet di luar tata surya ini mengorbit hanya 3,2 hari pada bintang induknya. Artinya, durasi satu tahun di planet tersebut hanya tiga hari.

Penelitian mencatat bahwa planet raksasa tersebut berukuran 1,4 kali lebih besar dari Jupiter, planet paling besar di tata surya.

Sementara itu, bintang induk dari planet tersebut berukuran 1,5 matahari tata surya kita. Jarak planet tersebut dengan ‘matahari’-nya sangat dekat, sehingga planet tersebut juga disebut ‘Hot Jupiter’ atau Jupiter Panas.

“Pengukuran ini dilakukan antara Desember 2020 dan Maret 2021. Pengukuran tindak lanjut lebih lanjut juga diperoleh dari spektrograf TCES” tulis keterangan PRL, dilansir dari Digital Trends.

Sementara planet ini dinamai TOI 1789b atau HD 82139b. Karena amat dekat dengan ‘matahari’-nya, planet ini memiliki suhu yang sangat tinggi hingga 2000 K (3140 Fahrenheit atau 1727 derajat Celcius).

Planet ini disebut punya tingkat kepadatan rendah, namun panasnya disebut dapat melelehkan besi.

Planet serupa ‘Hot Jupiter’ juga pernah ditemukan di tata surya lainnya. Temuan-temuan tersebut dapat membantu para astronom memahami bagaimana sistem planet terbentuk dan berevolusi.

“Deteksi seperti itu meningkatkan pemahaman kita tentang berbagai mekanisme yang bertanggung jawab atas inflasi di ‘Hot Jupiter’ dan pembentukan evolusi sistem planet di sekitar bintang yang berevolusi dan menua,” ungkap tim peneliti.

Planet Exo atau Eksoplanet adalah planet yang mengitari bintang yang berbeda dari Matahari kita, di tata surya yang berbeda dengan tempat kita berada.

Dilansir dari BBC, meskipun para ilmuwan telah lama berpikir bahwa planet-planet tersebut pasti ada, baru pada tahun 1992 planet exo pertama ditemukan.

Pekerjaan terbaru untuk menemukan lebih banyak planet exo telah menghasilkan beberapa hasil yang menarik juga.

(tim/fjr)

[Gambas:Video CNN]