Syarat dan Cara Mengaktifkan Shopee PayLater

Andrygmv.net —

Fitur paylater belakang ini cukup populer dan banyak tersedia di berbagai aplikasi. Salah satunya pada marketplace Shopee yaitu Shopee PayLater (SPayLater).

Cara mengaktifkan Shopee PayLater sangat mudah. Anda tinggal siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai identitas yang akan didaftarkan.

Pay Later ini merupakan alat pembayaran elektronik berbasis kredit. Jadi, orang yang mengaktifkan SPayLater bisa berhutang terlebih dulu untuk membayar transaksi mereka saat itu.

Proses pembayaran bisa dilakukan di periode mendatang sesuai syarat ketentuan. Misalnya dicicil 3 kali atau 6 kali pada bulan berikutnya dengan nominal menyesuaikan total transaksi.

Sementara untuk limit transaksi di SPayLater mencapai Rp50 juta bagi setiap pengguna atau satu akun yang terverifikasi resmi.

Limit tersebut biasanya diberikan langsung pada pengguna yang berhasil menyelesaikan aktivasi. Tapi ada juga yang diberi limit kurang dari Rp50 juta dan semua itu sesuai kebijakan pihak Shopee.

Syarat Mengaktifkan Shopee Paylater




Young women taking photo to shoes with cell telephone or smartphone digital camera for post to sell online on the Internet and preparing pack product box. Selling online ideas conceptSyarat mengaktifkan Shopee PayLater(Foto: iStockphoto/Tevarak)

Shopee Paylater bisa diaktifkan oleh pengguna akun Shopee langsung dari aplikasinya. Namun, tak semua user dapat mengaktifkan fitur ini secara otomatis. Berikut ketentuan dan syarat pengguna yang dapat mengaktifkan Shopee Paylater.

  1. Memiliki akun Shopee yang sudah terdaftar dan terverifikasi oleh pihak Shopee
  2. Akun Shopee telah dimiliki dan aktif minimal selama 3 bulan
  3. Sering melakukan transaksi di Shopee
  4. Telah melakukan update aplikasi Shopee ke versi terbaru
  5. Memiliki KTP untuk dapat mengaktifkan Shopee Paylater.

Cara Mengaktifkan Shopee PayLater




Ilustrasi pembayaran belanja online dengan kartu kredit. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaCara mengaktifkan Shopee PayLater (Ilustrasi Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

Merujuk laman resmi Shopee Indonesia, SPayLater hanya diperuntukkan dan bisa diaktifkan oleh pengguna tertentu yang dipilih oleh Shopee.

Umumnya pengguna terpilih dinilai berdasarkan seberapa sering mereka menggunakan aplikasi Shopee untuk transaksi saat belanja online.

Jika terpilih, Anda akan mendapat notifikasi langsung ke akun tersebut untuk mengaktifkan SPayLater. Berikut cara mengaktifkan Shopee PayLater bagi pengguna terpilih.

  1. Buka aplikasi Shopee di perangkat Anda
  2. Masuk ke menu Saya, pilih SPayLater
  3. Klik Aktifkan Sekarang
  4. Masukkan kode Verifikasi (OTP) yang dikirim melalui SMS, lalu klik Lanjut
  5. Setelahnya Anda akan mendapat pemberitahuan tentang nominal limit yang diberikan
  6. Lalu unggah foto KTP mengikuti arahan yang diinstruksikan
  7. Setelah foto KTP, lanjut masukkan Nama dan NIK, lalu Konfirmasi
  8. Masukkan Informasi Tambahan dan klik Konfirmasi
  9. Lakukan verifikasi wajah sesuai instruksi selanjutnya dengan panduan berikut:

  • Klik Mulai Verifikasi Wajah.
  • Arahkan wajah Anda sesuai bingkai dan pastikan berada di ruangan atau tempat terang.
  • Jika gagal verifikasi, Anda tinggal coba lakukan cara yang sama secara berkala.
  • Apabila sudah berhasil, Anda akan mendapat notifikasi SPayLater Anda sedang diproses.
  • Apabila pengajuan aktivasi berhasil disetujui, maka akan mendapatkan pop up notifikasi aktivasi sukses dan informasi mengenai limit umum dan limit cicilan yang didapatkan untuk melakukan transaksi menggunakan SPayLater.

Sebagai catatan pada tahap aktivasi, Anda akan diminta memasukkan Kode OTP yang dikirim pihak Shopee. Pastikan kode tersebut dijaga kerahasiaannya untuk mencegah bentuk kejahatan.

Selain itu, SpayLater ini merupakan produk layanan pinjaman yang sepenuhnya telah diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Cara mengaktifkan Shopee PayLater hanya berlaku untuk satu KTP dan penggunanya sudah terdaftar pada akun Shopee.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]