Suzuki Punya Wagon R Hybrid Usai Penjualan LCGC Wagon R Setop di RI

Andrygmv.net —

Suzuki Karimun Wagon R dipastikan tidak lagi dijual di Indonesia. Sebagai gantinya, perusahaan akan fokus ke mobil hybrid Suzuki harga terjangkau guna mendukung program percepatan pemerintah menurunkan emisi gas rumah kaca 29 persen pada 2030.

“Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri. Namun, kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi,” kata Managing Director Suzuki Indomobil Motor (SIM) Shodiq Wicaksono, dalam keterangan resminya, Rabu (24/11).

Karimun Wagon R merupakan produk LCGC yang diproduksi di pabrik Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik ini masih produksi model tersebut dan untuk memenuhi kebutuhan ekspor Completely Knock Down (CKD) ke Pakistan.

Menurut Shodiq, Suzuki akan memperkenalkan mobil-mobil Suzuki bertenaga listrik, namun sebagai jembatan menuju era elektrifikasi perusahaan akan meluncurkan mobil hybrid sekaligus mengedukasi masyarakat sebelum memiliki mobil murni listrik.

“Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” ujar dia.

Keputusan SIM menghentikan produksi Wagon R jelang tutup 2021 ini cukup mengejutkan ketika pemerintah memberikan fasilitas diskon PPnBM 100 persen untuk produk LCGC hingga 31 Desember.

Fasilitas ini diberikan sebagai dispensasi lantaran LCGC seharusnya dikenakan tarif PPnBM emisi sebesar 3 persen sejak 16 Oktober.

[Gambas:Instagram]

Suzuki Wagon R Hybrid

Suzuki sudah punya Wagon R hybrid diperkenalkan di Jepang pada 2019. Bahkan perusahaan memperkenalkan Wagon R 25th Anniversary Edition dalam tiga versi yakni Hybrid FX Limited, Hybrid FZ Limited dan Stingray Hybrid X.

Wagon R hybrid masih mengandalkan mesin 660 cc yang dipadukan dengan transmisi CVT dengan pilihan penggerak roda depan dan AWD. Interiornya dilengkapi perangkat hiburan yang sudah dilengkapi dengan monitor layar sentuh.

Di negeri sakura, Jepang harga Suzuki Wagon R hybrid mulai Rp 140 jutaan hingga Rp 190 jutaan. Di kampung halamannya, Wagon R tenar dengan sebutan kei car dan menjadi pemain utama di pasar Jepang.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/mik)