Surat Steve Jobs Soal Buddhisme Dilelang Rp4,2 Miliar

Andrygmv.net —

Tulisan tangan milik Steve Jobs yang berisi soal pemikirannya tentang aliran Buddhisme Zen dilelang senilai US$300 ribu atau sekitar Rp4,2 miliar.

Tulisan tersebut dibuat langsung oleh tangan sang pendiri Apple ketika ia masih berusia 18 tahun. Tulisan itu ia tujukan kepada teman masa kecilnya, Tim Brown pada 23 Februari 1974, atau hanya sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-19 atau lebih tua dua tahun sebelum Jacobs bersama Steve Wozniak mendirikan Apple.

Tulisan tangan pertama milik Jobs tersebut akan dilelang oleh Rumah Lelang Inggris, Bonhams pada 3 November mendatang. Rumah lelang tersebut mengatakan tulisan tangan sebanyak satu halaman itu berisi tentang pemikiran Steve Jobs tentang Buddhisme Zen dan rencananya mendatangi India untuk menghadiri Kumbh Mela, ziarah dan festival keagamaan Hindu.

Dalam surat tersebut, Jobs yang telah meninggal dunia sejak 2011 lalu itu membuka tulisannya dengan kalimat yang menanggapi beberapa korespondensi sebelumnya dari Brown.

“Tim [Brown] saya telah membaca surat Anda berkali-kali

saya tidak tahu harus berkata apa.

Banyak pagi telah datang dan pergi

orang-orang datang dan pergi

saya telah mencintai dan saya telah menangis berkali-kali.

Aku entah bagaimana, di balik itu semua tidak berubah – kau mengerti?”

[Gambas:Instagram]

Brown dan Jobs bersekolah di Homestead High School bersama di Cupertino, California, tempat Apple sekarang bermarkas. Pertemanan keduanya tetap berjalan dengan baik sepanjang hidup mereka.

Dalam surat tersebut, Jobs juga menjelaskan kepada Brown bahwa dia sedang menabung untuk perjalanan ke India. Jobs diketahui telah menghabiskan tujuh bulan di India pada akhir tahun itu untuk mencari pencerahan spiritual, sebelum kembali ke Lembah Silikon dengan kepala dicukur ala biksu Buddha, seperti dilansir CNBC

Dalam waktu yang sama, Jobs mulai secara teratur bermeditasi dan bereksperimen dengan obat-obatan psikedelik. Ia juga memberi tahu penulis biografi, Walter Isaacson bahwa psikedelik memperkuat perasaannya tentang apa yang penting.

“Yakni menciptakan hal-hal hebat, menghasilkan uang, mengembalikan segala sesuatunya ke dalam arus sejarah dan kesadaran manusia sebanyak yang saya bisa.”

Tentu saja, Jobs telah menghasilkan banyak uang ketika dia meninggal dunia. Pada 2011 ia diperkirakan memiliki kekayaan pribadi bersih sebesar $8,3 miliar atau lebih dari Rp585 triliun di mana nilai pasar Apple saat ini hampir mencapai $2,5 triliun seperti dikutip Hypebeast

Di akhir surat dengan tulisan tangannya dengan kalimat yang cukup membingungkan. “Saya akan mengakhiri ini dengan mengatakan saya bahkan tidak tahu di mana harus memulainya.”

Jobs kemudian menandatangani surat tersebut dengan awalan istilah ‘shanti’ yang berarti ‘damai’ dalam bahasa Sansekerta.

“Surat ini memberi kita wawasan yang menarik tentang proses mental dari salah satu pencipta dan pengusaha terbesar di dunia,” kata Adam Stackhouse, Direktur Sejarah bisnis sains dan teknologi Bonhams, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Tidak ada surat tanda tangan dari Jobs yang pernah muncul di lelang sebelumnya, dan tentu saja tidak ada materi yang mengungkapkan dan berwawasan seperti ini,” tutupnya.

(TTF/eks)

[Gambas:Video CNN]