Staycation dan Workcation Jadi Tren Liburan Baru Selama Pandemi Covid-19

Andrygmv.net – Pandemi Covid-19 juga mengubah gaya berlibur orang di Indonesia. Menurut data Traveloka saat ini terdapat dua tren yang semakin mengemuka semenjak pandemi, yaitu staycation dan workcation.

Selain itu, preferensi terbaru juga timbul terhadap tren menginap yang lebih mengedepankan privasi dan eksklusivitas. Hal ini tercermin dari data internal Traveloka yang mencatat bahwa terdapat peningkatan pemesanan akomodasi privat sebesar 2 kali lipat pada bulan Oktober 2021 dibandingkan periode Januari-Agustus 2021.

Salah satu alasan utamanya adalah akomodasi privat dinilai dapat menghadirkan suasana yang lebih intim serta sanggup menampung jumlah orang yang lebih banyak dalam satu area bersama.

Merespon fenomena dari hasil pengamatan tersebut, Traveloka memperkenalkan produk teranyar ‘Traveloka Holiday Stays’, yang merupakan wajah baru dari produk Vila & Apartemen yang telah tersedia sejak tahun 2019.

Baca Juga:
BTN Yakin Sektor Properti Bangkit, Permintaan Kredit Bakal Meningkat

ILUSTRASI. Staycation yang aman di saat pandemi. (Shutterstock/Archive Indonesia. Travel)
ILUSTRASI. Staycation yang aman di saat pandemi. (Shutterstock/Archive Indonesia. Travel)

VP of Brand and Marketing, Traveloka, Shirley Lesmana mengatakan produk tersebut hadir sebagai alternatif yang memudahkan konsumen untuk memiliki lebih banyak pilihan dalam menentukan jenis akomodasi yang lengkap, nyaman, dan sesuai dengan kebutuhan perjalanan mereka.

Akomodasi privat menjadi salah satu pilihan yang digemari, terutama selama era pandemi karena sifatnya yang lebih privat dan fleksibel.

Ia menjelaskan bahwa produk tersebut memiliki pilihan akomodasi privat yang lebih beragam dan fitur-fitur inovatif yang dapat memudahkan konsumen dalam menentukan akomodasi yang diinginkan agar pengalaman menginap mereka lebih seru dan berkesan.

“Peluncuran Traveloka Holiday Stays ini juga menjadi bagian dari komitmen Traveloka untuk mendukung pertumbuhan ekosistem pariwisata di tanah air, khususnya di bidang akomodasi, dengan membuka pintu peluang bisnis bagi masyarakat luas yang memiliki properti privat untuk bergabung menjadi mitra Traveloka Holiday Stays, sehingga diharapkan juga mampu berkontribusi positif terhadap percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujar Shirley.

Traveloka Holiday Stays menawarkan fitur-fitur baru yang dapat memungkinkan konsumen mengakses layanan ini secara mudah dan aman.

Baca Juga:
Bobby Nasution Persilahkan Warga Medan Datang ke Balai Kota Tiap Sabtu Malam

Fitur seperti Discovery Mode, memungkinkan konsumen mencari akomodasi privat sesuai dengan destinasi dan harga secara fleksibel tanpa harus memasukkan tanggal secara spesifik (fitur ini telah tersedia secara bertahap dan akan tersedia secara serentak mulai 1 Desember 2021).