Sosialisasi Prokes dan Vaksinasi, Kominfo Rilis Jingle #MulaiDariKamu

Andrygmv.net —

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tak berhenti melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan vaksinasi kepada masyarakat. Baru-baru ini, sosialisasi dilakukan Kemenkominfo lewat jingle #MulaiDariKamu.

Jingle ini dirilis untuk terus mengingatkan masyarakat pentingnya penggunaan masker, vaksinasi sekaligus menangkal berita keliru terkait vaksin Covid-19.

Penulis Lirik Jingle #MulaiDariKamu, Dian Kristian menjelaskan, jingle ini mengadaptasi lagu kanak-kanak legendaris “Menanam Jagung”. Irama jingle ini sangat melekat sehingga diharapkan pesan di dalamnya mudah diingat.

Pelibatan seniman dari beragam suku, serta penambahan aransemen penuh semangat juga dilakukan dengan tujuan dapat merangkul lebih banyak kalangan masyarakat.

Demikian disampaikan Dian dalam Dialog Produktif dari Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) – KPCPEN, Senin (27/12).

Dian menjelaskan bahwa dari awal seluruh tim menginginkan jingle yang seru, lirik yang mudah, nada sederhana mudah diingat, dan pesannya sampai.

“Kemudian setelah mencari, kita temukan lagu yang akhirnya kita adaptasi ke dalam jingle ini, yakni lagu Menanam Jagung (karya Ibu Sud),” papar Dian.

Penambahan aransemen hiphop atau rapp juga dilakukan supaya semangat lagu lebih dapat menyasar ke generasi muda. Sedangkan pada penyusunan lirik lagu yang berlangsung sekitar dua bulan, diutamakan untuk kampanye masker dan vaksin.

“Kehormatan besar, selain lagunya (Menanam Jagung) sudah melegenda, ini adalah campaign besar,” tegas Dian yang mengaku diberikan keleluasaan memilih lagu nasional dengan nada familiar dan punya semangat membangun.

Dia menjelaskan, dalam proses pengerjaan, jingle ini melibatkan banyak seniman dari Jogja dan mewakili keberagaman suku, termasuk melibatkan Uncle T, penyanyi dari Indonesia Timur.

“Biar nanti sewaktu ini muncul di Youtube atau TV, semua orang bisa terwakili,” tambahnya.

Dian memaparkan sebuah jingle lebih mudah melekat di hati masyarakat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya menggunakan rima, nada yang familiar, pesan yang terfokus, serta bahasa yang umum sehingga bisa ditangkap semua orang.

Lebih lanjut, melalui jingle #MulaiDariKamu dalam iklan layanan masyarakat yang ditayangkan di radio dan berbagai kanal informasi, Dian ingin mengajak masyarakat untuk tak mengendurkan prokes dan segera melakukan vaksin.

Adapun pemegang Hak Cipta Lagu “Menanam Jagung” oleh Ibu Sud sekaligus desainer kenamaan Carmanita menyatakan sangat bersenang hati, bahwa lagu tersebut diadaptasi menjadi jingle #MulaiDariKamu yang berisikan imbauan positif.

“Dengan senang hati, karena ini untuk kepentingan nasional dan siapa saja. Apapun yang berkaitan dengan kepentingan nasional, kita harus support. Sebuah kehormatan juga, bahwa untuk kesekian kalinya, lagu Embah (Ibu Sud) masih bisa digunakan untuk kepentingan nasional,” kata Carmanita.

Sementara itu, penyanyi jingle #MulaiDariKamu, Hamigad Yehu Goma atau popular sebagai Uncle T mengapresiasi proyek jingle ini. Dia senang bisa berpartisipasi dalam proyek edukasi masyarakat, serta dapat berkontribusi secara langsung dalam mengajak masyarakat taat prokes.

“Saya sendiri merasa terpanggil turut memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan di masa pandemi. Sebagai seorang pelaku seni, hal itu diekspresikan melalui seni dalam project ini,” ujarnya.

Berikut Lirik Jingle #MulaiDariKamu

Reff :
Masker, masker, ayo pakai masker

#MulaiDariKamu, masker dan vaksin

Vaksin, vaksin, ato kita vaksin

#MulaiDariKamu, masker dan vaksin

Keluar buat kerja, maskeran dulu

Mau belanja bulanan, maskeran dulu

Kuliah tatap muka, maskeran selalu

#MulaiDariKamu, masker nomer satu

Kerja dari kantor, pakai maskernya

Dalam bis atau kereta, pakai maskernya

Di mobil dan roda dua, pakai maskernya

#MulaiDariKamu, masker di mana aja

(Reff)

Ayo ayo kita vaksin, banyak manfaatnya

Kabar miring soal vaksin, tangkis beritanya

Vaksin itu nggak bahaya eits, tapi menjaga

#MulaiDariKamu vaksin jangan tunda-tunda

Suntik vaksin itu sakit? No, cuma sedikit

Kayak ada semut lewat terus kegigit

Disuntik microchip? No, itu nggak valid

#MulaiDariKamu vaksin Indonesia bangkit
(Reff)

(osc)

[Gambas:Video CNN]