Siap-Siap Harbolnas 12.12, Catat Jam Ramai Pembelian Agar Tak Kehabisan Stok!

Andrygmv.net – Puncak belanja online nasional atau Harbolnas 12.12 selalu dipenuhi berbagai diskon dari berbagai jenis barang apapun. Tak heran, banyak orang rela terus memantau e-commerce demi mengamankan barang incaran.

Meski berbelanja secara online, bukan tidak mungkin kamu juga harus ‘berebut’ dengan pembeli lainnya agar tidak kehabisan stok. Karena itu, penting untuk tahu kapan waktu ramai biasanya kebanyakan orang akan belanja.

Head of Warehouse and Logistic JD.ID, Sendy Sopacua, mengungkapkan, tiap kali Harbolnas 12.12, tren order sebenarnya berubah dari jam normal.

Head of Warehouse and Logistic JD.ID Sendy Sopacua. (Andrygmv.net/Lilis Varwati)
Head of Warehouse and Logistic JD.ID Sendy Sopacua. (Andrygmv.net/Lilis Varwati)

“Biasanya kalau normal order naik pada saat jam-jam real time. Jadi kalau orang rumahan mungkin dia akan order normal,” kata Sendy dalam temu meia di Warehouse JD.ID di Marunda, Bekasi, Jumat (10/12/2021).

Baca Juga:
Wajib Tahu, 5 Cara Hindari COD Fiktif Saat Belanja Online

Tren order akan berbeda pada orang yang bekerja. Menurut Sendy, biasanya order akan ramai mulai dari tengah malam pukul 12 sampai pukul 2 dini hari. Setelah itu, transaksi akan sedikit menurun dan kembali naik antara pukul 5-7 pagi maupun malam.

“Tapi 2-3 minggu sebelumnya, jam 9 atau jam 10 malam dia naik. Ada dua kemungkinan, karena memang promosi pada saat jam-jam tersebut. Kalau di 12.12 ini kan orang sudah tahu kalau ada promo, jadi dia akan melihat itu berdasarkan promo kita. Akan ada set up promo, jadi dia akan tergantung dengan promo tersebut,” paparnya.

Persiapan JD.ID jelang Harbolnas 12.12. (Andrygmv.net/Lilis Varwati)
Persiapan JD.ID jelang Harbolnas 12.12. (Andrygmv.net/Lilis Varwati)

Baik Harbolnas maupun tidak, kategori kebutuhan sehari-hari selalu menjadi penjualan terbanyak. Di JD.ID sendiri dominasinya mencapi 60-70 persen penjualan.

Meski begitu, secara nominal pembayaran, biasanya kategori elektronik yang lebih banyak, lanjut Sendy.

Khusus merayakan Harbolnas 12.12, JD.ID memperpanjang waktu operasional menjadi 24 jam. Sehingga, transaksi yang dilakukan selama 12 Desember sebelum pukul 10 malam, barang akan langsung dikirm di hari yang sama paling lambat pukul 11 malam.

Baca Juga:
Daftar Promo Harbolnas 12.12 dari Lazada, Shopee hingga BliBli, Jangan Kelewatan!

“Kalau order di atas jam 11 malam dikirim next day maksimal jam 11 siang,” imbuhnya.