Sering Merasa Frustasi? Coba Lakukan 3 Hal Ini!

Andrygmv.net – Pernahkah Anda terjebak dalam situasi yang membuat frustrasi? Misalnya, Anda mahasiswa yang sudah belajar dengan baik, tapi tak mampu juga meraih nilai yang bagus. Atau, jika Anda bekerja, Anda merasa frustasi menanti promosi jabatan yang tak kunjung datang, padahal Anda sudah menunjukkan performa terbaik.

Seseorang yang merasa frustasi, tidak hanya merasa terjebak secara fisik, tetapi juga secara psikologis. Yuk, segera bertindak agar Anda tidak terus-terusan berada dalam kondisi yang kurang menyenangkan ini.

Jika tidak segera berindak, Anda bisa selamanya terjebak dalam perasaan frustasi, dan hanya akan fokus terhadap masalah Anda tanpa mencari solusi untuk keluar dari zona tersebut.

Mengutip dari Psychology Today, ketika seseorang merasa terjebak yang bikin dirinya frustasi, hal ini akan berdampak negatif pada kesehatan mentalnya. Bahayanya, seseorang akan sulit berkembang di kemudian hari.

Baca Juga:
Apa itu Staycation? Tren Healing Kekinian yang Semakin Populer saat Pandemi

Ada tiga tindakan yang bisa Anda lakukan untuk keluar dari rasa frustasi. Simak ulasannya!

1. Perlunya pengaturan stres

Untuk mengatasi kondisi tersebut, pengaturan stres sangat penting dilakukan agar tidak berlarut-larut. Menurut penelitian ilmu saraf, ketika seseorang marah, cemas, bahkan frustasi, ada bagian otaknya yang sulit membantu untuk berpikir jernih dan juga kreatif.

Maka dari itu, perlu ambil tindakan untuk mengatur stres, dengan cara mengambil napas dalam-dalam, menulis jurnal, berolahraga, serta mendengarkan musik favorit.

2. Luangkan waktu lewat kegiatan positif

Baca Juga:
Viral! Cewek Frustasi Tiap Mandi Malah Banjir Keringat, Model Kamar Mandinya Begini

Ketika terjebak di suatu kondisi yang bikin frustasi, sangat penting untuk ambil waktu luang dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif. Mulai dari olahraga, berkumpul bersama teman, menghabiskan waktu sendirian, melatih bersyukur, atau melakukan hal-hal yang Anda sukai.