Selain Kerak Telor, Ini 5 Makanan Khas Betawi Paling Lezat dan Wajib Dicicipi

Andrygmv.net – Siapa yang tak mengenal kerak telor? Ya, makanan khas Betawi satu ini memang terkenal di kalangan masyarakat, para wisatawan lokal hingga mancanegara. Saat kamu berada di tanah Betawi, wajib banget menjajal berbagai makanan khas Betawi yang super lezat dan tidak ada duanya! Dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (13/11/2021) berikut ini daftar rekomendasi makanan khas Betawi yang maknyuss!

Daftar Makanan Khas Betawi

1. Kerak Telor

Kerak Telor Betawi. (Shutterstock)
Kerak Telor Betawi. (Shutterstock)

Kerak telor adalah makanan khas Betawi paling legendaris yang dibuat dari bahan dasar beras ketan dan telur. Kemudian disajikan bersama serundeng sebagai topping di atasnya. Kerak telor dibuat di atas wajan dan menghasilkan rasa gurih yang menggugah selera. Kerak telor tak lepas dari kreativitas masyarakat Betawi dan menjadi jajanan tradisional yang sudah dinikmati sejak zaman kolonial Belanda dahulu.

Baca Juga:
Rekomendasi 10 Hotel di Puncak, Fasilitas Lengkap dan Tak Mengecewakan

2. Soto Betawi

Soto betawi [resepkoki.id]
Soto betawi [resepkoki.id]

Soto adalah hidangan nusantara yang disukai oleh semua kalangan. Soto juga merupakan makanan khas Betawi yang memiliki keunikan sendiri. Soto Betawi terdiri dari kuah santan yang dipadukan dengan daging sapi dan jeroan yang memiliki cita rasa gurih yang khas. Menggunakan kari dan rempah-rempah yang menyegarkan. Bahan dan bumbu soto Betawi lainnya seperti tomat, seledri, dan kentang yang diolah menjadi perkedel. DItambah dengan taburan bawang goreng yang membuat semakin sedap rasanya.

3. Nasi Uduk

Ilustrasi nasi uduk betawi. (Shutterstock)
Ilustrasi nasi uduk betawi. (Shutterstock)

Nasi uduk merupakan makanan khas Betawi dari wilayah Jakarta, Indonesia. Nasi uduk dimasak dari bahan nasi putih yang diaron dan dikukus dengan bahan santan. Kemudian dipadukan dengan bumbu sedap pala, kayu manis, daun serai, daun pandan, cengkeh, merica, dan jahe. Nasi uduk memiliki tekstur nasi yang lembut dan aroma rempahnya harum. Nasi uduk disajikan bersama lauk yang lezat, mulai dari daging ayam, bihun, telur, teri goreng, sambal kacang, dan kerupuk.

4. Bubur Ase

Baca Juga:
10 Hotel Murah di Bandung, Mulai Rp100 Ribuan Cocok untuk Wisatawan Backpacker

Orang Betawi mungkin lebih mudah menemukan Bubur Cianjur, Bubur Cirebon atau Bubur Sukabumi dibanding bubur ase ini sendiri. Bubur memang cocok dijadikan menu sarapan. Perbedaan bubur ase dengan bubur lainnya adalah disajikan dengan asinan atau acar dan semur ayam yang menghasilkan perpaduan rasa unik! DItambah dengan tauge, tahu, dan kecap yang membuat kuahnya semakin nikmat. Bubur ase masih dapat ditemui di daerah Tanah Abang dan Kwitang.

5. Bir Pletok

Bir Pletok di Gourment Bar Novotel Cikini. (Andrygmv.net/Silfa Humairah)
Bir Pletok di Gourment Bar Novotel Cikini. (Andrygmv.net/Silfa Humairah)

Bagi orang Betawi kebanyakan, bir pletok adalah sejenis wine atau bir tanpa alkohol. Bisa dikatakan bir pletok ini adalah arak versi halal yang dibuat sejak zaman kolonial dahulu. Minuman ini wajib ada di pesta rakyat Betawi. Rasanya yang khas manis, pedas, dan hangat membuat minuman ini banyak digemari. Nama pletok sendiri diambil dari suara yang keluar saat tutup botol arak biasanya dibuka.

Itulah beberapa makanan khas Betawi yang super lezat dan unik karena mengandung nilai sejarah yang kental. Hingga kini, makanan khas Betawi tersebut masih banyak ditemui di Jakarta dan sekitarnya. Pernah mencicipi makanan yang mana?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi