Sebelum Bubar 5 Idol Kpop ini Rilis Lagu Perpisahan untuk Fans

Bukan hal yang baru lagi bahwa setiap grup boyband atau girlband kpop, memilih untuk bubar dan melakukan aktivitas karir mereka masing-masing. Karena sudah cukup lama berkecimbung didunia musik beberapa grup band kpop ini harus bubar. Salah satu alasan mereka bubar adalah karena kontrak dengan label musiknya telah habis.

Beberapa grup idola yang resmi bubar juga memiliki cara yang berbeda-beda untuk menyampaikan perpisahan mereka pada para penggemarnya. Mulai dari menulis surat hingga merilis lagu.
Berikut ini grup idol kpop yang merilis lagu sebagai ucapan perpisahan mereka.

1. 2NE1

2NE1

Grup yang beranggotakan CL, Park Bom, Dara dan Minzy ini resmi bubar 24 November 2017 lalu ini merilis lagu berjudul Goodbye sebagai ucapan perpisahan mereka. Lagu ini awalnya akan dirilis sebagai lagu solo dari sang mantan leader CL, yang juga ikut menulis lirik lagu tersebut dan aslinya lirik tersebut merupakan surat yang ditunjukan untuk minzy yang lebih dulu telah keluar dari 2NE1. Diawal lagu para pendengar akan dihibur dengan petikan gitar akustik. Dengan mengusung tema monokrom. Dalam video klipnya 2NE1 menampilkan potongan-potongan video kebersamaan para anggota 2NE1 saat melakukan konser dan melangsungkann comeback.

2. JBJ

JBJ

Just Be Stars yang merukan lagu pada album terakhir JBJ yang bretajuk ‘New Moon’. Mengusung genre ballad, keenam anggotanya pun turut ikut dalam menulis lagu Just Be Stars tersebut. Lagu yang menceritakan tentang cerminan perasaan JBJ kepada para fans mereka, Joyful. Meskipun hanya debut dalam waktu singkat, JBJ mengungkapkan rasa bahagia mereka bisa menghabiskan waktu bersama Joyful. Meskipun JBJ telah bubar, mereka berharap para Joyful selalu terus mengingat dan merayakan kenangan yang telah mereka ciptakan bersama. Sesuai dengan makna lirik lagu tersebut menceritan tentang kisah perjalanan aktivitas JBJ selama 7 bulan berkarir.

3. I.O.I

I.O.I

Setelah setahun berkarir bersama, I.O.I resmi bubar pada januari 2017 lalu karena masa kontrak yang habis. Kesebelas anggota akhirnya kembali ke agensi masing-masing dan meanjutkan karir masing-masing. Untuk mengenang perjalanan karir I.O.I, mereka pun merilis lagu terakhir yang berjudul Downpour. Lagu ini ditulis oleh salah satu member Seventeen yaitu Woozi beserta dengan 3 komposer lainnya. Dengan mengusung genre ballad lagu ini memiliki sentuhan kesediah. Video klip ‘Downpour’ pun dirilis tepat pada tanggal 18 januari 2017. Dalam video klip tersebut penonton bisa melihat perjalananan para anggota I.O.I beserta para trainee yang sudah tereleminasi dalam ajang pencarian bakat “Produce 101”. Lagu ini pun dikatakan sebagai lagu perpisahan kepada para fans dan juga kepada masing-masing anggota yang telah bersama selama 1 tahun dalam panggung musik kpop.

4. Wonder Girls

Wonder Girls

Untuk lagu terakhir Wonder Girl merilis lagu Draw Me. Video klip dari lagu ‘Draw Me’ ini menceritakan tentang perjalanan karir wonder girl selama 20 tahun dari mulai debut hingga penampilan terakhir mereka sebagai anggota grup. Lagu ini dirilis 10 februari 2017 lalu, tepat dihari ulang tahun Wonder Girls yang ke 10. Dalam video klip tersebut para anggota juga menyisipkan pesan mendalam bagi semua penggemar Wonder Girls yang mereka sebut sebagai, Wonderful. Resmi bubar pada 25 januari 2017 lalu, lagu ini menjadi salam perpisahan serta ucapan terima kasih dari para anggota kepada Wonderful yang selalu mendukung mereka.

5. Sistar

Sistar

Grup yang diidentikan dengan musim panas ini mengungkapkan kebubaran mereka pada juni 2017. Melalui akun youtube resmi Starship Entertainment merilis sebuah video yang berjudul “Thank You, Good-bye SISTAR”. Sistar memberi pesan kepada Star1 (fans sistar) untuk tidak bersedih karena keputusan mereka lewat lagu terakhir mereka berjudul ‘Lonely’. Dalam MV tersebut sistar memberikan sebuah puisi dari nama grup mereka. “See you again – It’s not goodbye – Separate ways we mau go – To achieve new dreams – All the memories together – Remember and cherish forever” demikian pesan yang disampaikan sistar lewat MV tersebut.

About The Author

Reply