Review ASUS VivoBook Ultra 15, Layar OLED Kinclong Ramah Kantong

Andrygmv.net —

ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) yang menjadi salah laptop dengan layar OLED termurah dari seri ASUS lain saat ini. ASUS juga menjadi pionir laptop yang sudah menggunakan layar OLED.

ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dibanderol dengan harga Rp8 jutaan untuk model dengan prosesor Intel generasi 11 Intel Core i3, menjadi pilihan menarik untuk digunakan dalam aktivitas harian anak sekolah, mahasiswa, dan profesional yang tak terlalu memerlukan performa laptop tinggi.

ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) juga dirilis dalam model yang menggunakan prosesor Intel generasi 11 Intel® Core™ i5. Namun saat ini, CNNIndonesia.com berkesempatan untuk mengulas ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dengan prosesor 11th Gen Intel® Core™ i3.

Sebelumnya pada pertengahan tahun ini, ASUS merilis VivoBook Ultra 15 OLED (K513) tanpa panel OLED. Namun selain panel OLED, terdapat beberapa perbedaan yang ada pada dua model yang dirilis hanya berselang sekitar 3 bulan ini.

Pertama, VivoBook Ultra 15 OLED (K513) sebelumnya memiliki konfigurasi memori 8GB dan penyimpanan PCIe SSD 512GB, sedangkan model yang memiliki panel OLED hanya diberikan setengah dari konfigurasi memori tersebut.

Kedua, dengan prosesor dan fisik yang sama, harga yang diberikan pada VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dengan panel OLED (yang mendapat pemangkasan memori) lebih murah dibanding model sebelumnya.

Meski memiliki memori yang lebih kecil, VivoBook Ultra 15 OLED memiliki slot RAM dual channel yang memungkinkan pengguna untuk melakukan upgrade RAM hingga 20GB.

Selain itu, pada paket penjualan, ASUS juga memberikan housing HDD SATA yang bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan internal. Opsi tersebut tentu akan sangat membantu produktivitas pengguna, terlebih bagi profesional yang kerap membutuhkan ruang penyimpanan besar untuk data-data pekerjaannya.

Pada paket penjualan, ASUS juga memberikan paket stiker yang bisa ditempel pada casing laptop. Kehadiran stiker ini memperkuat kesan ekspresif pada laptop yang ditujukan untuk kalangan muda ini.

ASUS VivoBook Ultra 15 OLED (K513) juga telah dilengkapi dengan Office Home & Student 2019 yang disertakan pada paket penjualan, sehingga pengguna dapat menghemat lebih dari Rp1 juta rupiah yang biasanya harus dikeluarkan untuk paket software ini.

Tampilan layar OLED

Laptop ini dibekali dengan layar OLED 15,6 inci sebagai monitor utama dengan resolusi FullHD (1920×1080) yang dilengkapi dengan teknologi HDR.

Fitur HDR dapat diaktifkan pada menu pengaturan untuk menampilkan gambar yang lebih detail khususnya saat menampilkan detail pada objek gelap.

Layar OLED pada laptop ini memiliki cakupan warna (color gamut) 100 persen DCI-P3 yang setara dengan 133 persen sRGB.

Kemudian layar ini ASUS mengklaim layar OLED miliknya bisa mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR 600 True Black sehingga dipastikan dapat menampilkan warna hitam lebih gelap dari layar LCD. Rasio kontras yang bisa ditampilkan pun mencapai 1.000.000:1.

Kami lantas mencoba layar OLED dari VivoBook Ultra 15 OLED (K513) dengan uji warna yang ditampilkan. Pengujian dilakukan dengan menonton konser band asal Inggris, Coldplay yang penuh warna di platform YouTube dengan resolusi 1080p.

Saat dicoba dan disandingkan dengan layar laptop 14 inci berpanel IPS LED FullHD (1920×1080). Hasilnya, layar OLED memberikan tampilan yang lebih unggul dari segi warna.

Warna lampu yang dihasilkan oleh layar OLED lebih memanjakan mata. Namun ketajaman gambar yang dihasilkan oleh layar 14 inci berpanel IPS LED tampak lebih tajam dibandingkan layar OLED 15 inci.

Hal ini kemungkinan karena layar yang diusung oleh VivoBook Ultra 15 OLED (K513) lebih besar, sehingga menghasilkan kerapatan piksel yang lebih renggang dibandingkan dengan layar 14 inci dengan resolusi yang sama.

Meski demikian, perbedaan ketajaman gambar pada kedua layar tersebut tidak terlalu signifikan. Tampilan yang dihasilkan oleh layar OLED tetap menawan.

Kemudian fitur Tru2Life yang bisa diaktifkan dari aplikasi MyASUS semakin membuat gambar yang dihasilkan semakin menarik.

Selain menguji layar dengan tampilan yang penuh warna, kami juga mencoba membuktikan klaim True Black yang disematkan pada VivoBook Ultra 15 OLED (K513). Kami mencoba menonton film Perempuan Tanah Jahanam besutan sineas Joko Anwar yang didominasi oleh gambar gelap.

Dengan menggunakan metode serupa, kami cukup takjub dengan hasil yang ditampilkan. Perbedaan warna hitam pada kedua panel terasa sangat berbeda. Panel OLED memberikan warna hitam yang benar-benar gelap, sedangkan panel IPS masih terlihat menyisakan cahaya di layar.

Panel OLED juga mampu memberikan detail gambar yang tidak bisa diberikan oleh panel IPS.

Selain itu, layar yang lebih besar juga memberikan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan.

Tidak berhenti di situ, ketakjuban kami pada layar OLED ditambah dengan maksimum brightness yang bisa dihasilkan oleh layar ini. Dengan 600 nits, layar ini bisa tetap nyaman digunakan meskipun saat kondisi terang seperti di luar ruangan.

Waktu respons layar ini juga sangat cepat (low latency) 0,2 ms yang disebut dapat menyajikan gambar pada film dan game tanpa blur.

Layar OLED pada VivoBook Ultra 15 OLED (K513) juga disebut memberikan paparan cahaya biru (blue light) 70 persen lebih rendah dari layar LCD biasa.

Paparan cahaya biru dalam intensitas tinggi disebut tidak baik untuk kesehatan mata dan dapat mengganggu kualitas tidur.

Lanjut ke halaman berikutnya..


Bodi dan Desain ASUS VivoBook Ultra 15

BACA HALAMAN BERIKUTNYA