Resmi Diumumkan, Inilah Spesifikasi IPhone XR, IPhone XS, IPhone XS MAX

Apple resmi mengeluarkan tiga varian iphone terbarunya di California, Amerika Serikat pada acara yang bertajuk “Gather Round” yaitu IPhone XS, XS MAX dan XR. Dari video yang ditampilkan, iphone XS dan XS MAX tampak elegant dengan balutan steiles still dan bagian depan dengan kaca yang di klaim tahan banting dibandingkan smartphone lain saat ini. IPhone ini juga menyertakan sertifikasi IP68 pada kedua iphone tersebut dan telah diuji coba oleh beberapa bahan cairan.

IPhone XR dengan bahan material berbasis alumunium dan layar 6,1 inci. Sebenarnya iphone XR megusung spesifikasi dan desain yang tidak jauh berbeda dari iphone XS dan XS MAX namun ada beberapa keunggulan yang ditampilkan pada XS dan XS MAX yang tidak dapat dijumpai pada iphone XR. Antara lain iphone XR masih menggunakan layar LCD sedangkan iphone XS dan XS MAX sudah menggunakan layar OLED, hadir dengan satu kamera utama, tidak ada fitur 3D touch. Untuk kamera, iPhone XR dibekali satu kamera 12MP wide-angle, kamera depan iPhone XR juga mengusung TrueDepth camera dangan Face ID, layaknya iPhone XS dan iPhone XS Max.

Namun sebagai gantinya iphone XR ini dilengkapi dengan fitur haptic touch, yaitu fitur yang hadir pada trackpad macbook pro. Meskipun iphone XR ini hanya dilengkapi dengan satu kamera utama tetapi iphone ini mampu melakukan fitur potrait mode seperti yang ada pada kamera pada iphone X. IPhone XR ini dilengkapi oleh lima varian warna yaitu hitam, putih, merah, biru coral, dan kuning. Juga terdapat tiga konfigurasi memori yaitu 64GB, 128GB, 256GB.

IPhone XS dan XR

Kedua seri XS memiliki desain yang sama dengan iphone X, namun bedanya iphone XS mengusung layar super retina berjenis OLED dan memiliki layar 5,8 inci dan iphone XS MAX memiliki layar 6,5 inci. Kedua iphone XS ini memiliki tiga pilihan warna yaitu Space Gray, Silver, dan Gold. Juga terdapat tiga konfigurasi memori yaitu 64GB, 256GB, dan 512GB. IPhone XS dan XS MAX juga memakai teknologi super stereo.

Lalu terdapat beberapa peningkatan pada prosesor A12 yang pertama dengan arsitektur 7 nm, kamera ganda 12 megapiksel, serta mendukung dual-SIM. spesifikasi ini mendukung fitur-fitur pada sistem IOS 12 yang banyak digunakan pada implementasi Augmented Reality(AR), Machine Learning(ML), Memoji serta pengguna SIRI.

Kamera belakang memakai dual camera. Kedua kamera beresolusi 12 megapiksel, satu dengan lensa wide angel dan satunya dengan telephoto. Pada sisi depan pengguna dapat berfoto dengan 7 megapiksel. Dengan teknologi image signal dan Neural Engine, jadi hasil selfi bisa ditingkatkan maksimal.

IPhone XS juga tidak terlalu banyak terdapat perubahan yang signifikan dari iphone X. Fitur khas yang terdapat pada iphone XS terletak pada sektor kamera, yaitu kamera smart “HDR”. Dengan fitur ini pengguna dapat mengambil empat foto berturut-turut tanpa ada shutter lag sama sekali.

Kamera Belakang IPhone XS

Era baru fotografi tersebut juga berpengaruh pada video. Diperkuat oleh chipset A12 Bionic terdapat sensor yang dua kali lebih cepat dan suara yang lebih stereo

Untuk kapasitas batrei, apple tidak menjabarkan kapasitas batreinya. Namun apple mengklaim bahwa iphone XS memiliki daya 30 menit lebih lama dari iphone X sedangkan iphone XS MAX memiliki daya 1 jam 30 menit lebih lama.

Dengan spesifikasi lebih canggih yang ditawarkan dari iphone yang sebelumnya tak ayal membuat seluruh warga pecinta apple ingin segera memiliki iphone tersebut, namun belum pasti kapan iphone tersebut beredar di Indonesia.

About The Author

Reply