Resep Sate Daging Sapi Kecap Manis Super Mudah, Rasa Manis dan Gurihnya Dijamin Pas!

Andrygmv.net – Bagi anda pecinta kuliner dengan cita rasa lokal, tentunya sudah tidak asing dengan makanan satu ini. Siapa yang tidak mengenal makanan sate? Saya rasa sebagai orang Indonesia, kita semua mengenal makanan yang satu ini. Dari sekian banyak jenis sate yang ada di Indonesia, sate daging sapi kecap manis merupakan salah satu varian sate yang wajib anda cicipi!

Pada kesempatan ini kami akan mengulas resep sate sapi kecap manis! Mari simak!

Bahan Dasar

Perlu anda perhatikan dalam memilih daging sapi yang nantinya akan diolah agar terasa lembut dan tidak keras ketika dimakan, salah satu cara yang dapat anda lakukan ialah dengan merendam daging sapi menggunakan nanas.

Baca Juga:
Pria Bakar Sate Sambil Main Piano, Terlalu Estetik tapi Bikin Waswas karena Ini

Selain membuat tekstur daging menjadi lebih halus, merendam daging sapi menggunakan nanas juga dapat mengurangi aroma amis yang ada pada daging. Caranya cukup mudah yakni dengan meletakkan potongan buah nanas di atas permukaan daging mentah selama beberapa menit.

Berikut adalah bahan dasar yang perlu anda siapkan untuk membuat sate daging sapi kecap manis:

  1.  250 gram daging sapi has luar
  2. 2 sendok makan minyak goreng
  3. 2 lembar daun pepaya, remas-remas
  4. 3 sendok makan kecap manis
  5. Tusuk sate sesuai kebutuhan

Selain bahan dasar di atas, adapun beberapa bahan lain yang perlu anda siapkan untuk membuat bumbu halusnya, sebagai berikut:

  1. 5 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3/4 sendok teh ketumbar
  4. 1/2 sendok teh jintan
  5. 1 sendok teh garam
  6. Acar Timun
  7. Mentega
  8. Kecap Manis

Cara Mengolah Daging

  1. Sebelum kita membahas tentang cara memasak sate sapi kecap manis, terlebih dahulu kita akan mengolah daging yang sudah anda siapkan sebelumnya, berikut adalah cara mengolah daging sapi:
  2. Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk memulai langkah pada resep kali ini adalah dengan terlebih dahulu memotong-motong daging sapi yang sudah anda siapkan dengan bentuk potongan sate yang khas yakni bentuk dadu. Usahakan daging jangan terlalu besar ukurannya ketika dipotong. Karena jika terlalu besar, tidak menutup kemungkinan daging akan sulit matang merata ketika dibakar atau dimasak.
  3. Setelah selesai dipotong-potong, sekarang tempatkan daging pada wadah dan sisihkan sementara. Jangan cuci daging dengan air. Hal ini wajib dilakukan, agar daging yang dibakar nanti teksturnya tetap empuk tidak alot dan kaya rasa gurih nikmat.
  4. Bungkus daging sapi dengan menggunakan daun pepaya yang sudah diremas-remas, selama kurang lebih 30 menit agar ketika dibakar daging menjadi lebih empuk dan lezat.
  5. Sisihkan daging dalam wadah dan biarkan, sementara itu kita akan buat bumbunya.

Cara Memasak

Baca Juga:
Berapa Tahun Usia Hidup Kucing? 3 Faktor Ini Memegang Peranan Penting

Setelah daging anda siapkan, kini saatnya kita mengolah resep sate sapi kecap manis yang sudah anda siapkan. Berikut adalah cara memasak sate daging sapi kecap manis yang dapat anda aplikasikan di rumah masing-masing:

  1. Silahkan haluskan bumbu yang harus dihaluskan, baik menggunakan ulekan ataupun menggunakan mesin penghalus agar lebih mudah.
  2. Setelah selesai menghaluskan semua bumbu, sekarang campurkan kecap manis dan minyak goreng kedalam bumbu yang dihalsukan. Dan aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata.
  3. Setelah daging didiamkan selalam kurang lebih 30 mneit, sekarang ambil daging dan lumuri daging dengan bumbu ini, pastikan jika semua bagian daging terlumuri dengan baik.
  4. Sebelum dibakar, diamkan terlebih dahulu daging agar bumbunya meresap kedalam hingga keseluruhan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Ambil tusukan sate, dan tusuk-tusuk sate dengan menggunakan tusukan sate. Kemudian bakar diatas api higga matang secara merata.

Demikian adalah ulasan tentang resep sate sapi kecap manis, semoga dapat menjadi referensi memasak untuk anda. Selamat mencoba!

Kontributor : Dhea Alif Fatikha