Rekomendasi Ojol Pakai ‘Bajaj Listrik’, Muat Banyak dan Tak Kehujanan

Andrygmv.net —

Salah satu produsen kendaraan listrik di Indonesia, Haka Motors (HM), mendorong penggunaan kendaraan listrik roda tiga untuk ojek online (ojol). Menurut perusahaan ini ada berbagai pertimbangan menguntungkan soal hal itu.

Direktur HM Halim Kalla menyampaikan pihaknya sudah memiliki beberapa produk kendaraan listrik roda tiga yang masih berbentuk konsep. Produk tersebut ada yang berbentuk seperti Bajaj yang dapat mengangkut penumpang dan masih tersedia ruang untuk bagasi.

Kendaraan ini dijelaskan menggendong baterai berdaya 72volt/100AH dengan kapasitas 7,8 kWh. Kendaraan itu mampu menempuh jarak 125 km menggunakan satu kali pengisian baterai dan kecepatan maksimalnya 50 km per jam.

Halim mengatakan kendaraan listrik roda tiga untuk ojol akan lebih baik dari sepeda motor karena berbagai aspek.

“Kendaraan EV roda tiga Trolis akan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan angkutan dua roda atau sepeda motor yang banyak dipakai angkutan ojek online,” kata Halim secara virtual dalam diskusi IEMS 2021, dikutip Senin (29/11).

“Kenapa karena lebih safety, memuat lebih banyak penumpang dan barang serta bebas hujan, panas, maupun debu,” sambung dia.

Halim berharap pemerintah dapat memberi dukungan penuh dan mendorong pemakaian produknya tersebut sebagai angkutan urban di berbagai kota.

“Ini sebagai angkutan urban di kota besar dan kecil Indonesia,” kata dia.

Ia juga menyebut penggunaan kendaraan ini juga sekaligus dapat mendorong upaya pemerintah meningkatkan populasi kendaraan ramah lingkungan dan memajukan industri kendaraan listrik di dalam negeri.

“Sejalan dengan program pemerintah menciptakan produk industriĀ dalam negeri yang enviromentally friendly, dan memajukan industri EV di Indonesia,” katanya.iĀ 

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]