Pria Ini Eksperimen Bikin Mi dari Tepung Pisang, Bagaimana Rasanya?

Andrygmv.net – Mi menjadi salah satu makanan yang sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Mi biasanya dibuat dengan tepung terigu, telur, dan bahan-bahan lainnya.

Seorang pria lulusan teknologi pangan bernama Dennis ingin bereksperimen membuat mi dari tepung pisang. Proses pembuatan mi tersebut dibagikan melalui akun TikTok @naktekpang.

Dalam unggahan itu, Dennis bercerita dirinya sudah belajar membuat mi sejak 8 bulan lalu. Dari pengamatannya, meski ingin membuat mi dari tepung pisang, ia tetap membutuhkan tepung terigu dalam olahannya.Hal ini lantaran tepung pisang tak mengandung gluten.

Pertama, Dennis memasukkan 20 gram tepung pisang dan 80 gram tepung terigu, kemudian mengaduknya hingga rata.

Baca Juga:
Sekilas Tampak Sama, Ternyata Ini Perbedaan Indomie di Korea Selatan dan Indonesia

Dennis lantas juga memberikan air garam dan mengaduknya kembali hingga tercampur rata. Setelah berbentuk adonan, ia memasukkannya ke dalam plastik dan meratakannya.

Mi dari tepung pisang (TikTok @naktekpang)
Mi dari tepung pisang (TikTok @naktekpang)

Adonan tersebut kemudian diistirahatkan selama setengah jam. Adonan itu juga ia gilas agar jadi lebih tipis dan bisa dimasukkan ke dalam mesin pencetak mi.

Setelah adonan digiling lebih tipis dan dipotong, mi buatannya pun siap. Mi tersebut lantas ia bawa ke penjual mi ayam untuk diolah.

Menurut penjual mi ayam itu, mi dari tepung pisang ini tidak mekar dan cukup lengket. Warna mi dari tepung pisang tersebut lebih gelap dan teksturnya pun kurang kenyal dan lebih ringan. Tepung pisang itu juga ternyata sama sekali tak mempengaruhi rasa mi.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan terkait. 

Baca Juga:
Lemonilo Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan untuk Diri Sendiri dan Lingkungan

“Kemarin aku juga baru aja buat mi kayak gini, tapi bedanya aku pakai tepung talas beneng,” komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. “Asli penasaran pengen coba juga mi dari tepung pisang,” ujar warganet ini.

“Kaget banget pisang dijadikan tepung. Makin kaget lagi lihat tepung pisang jadi mi ayam,” tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, hingga Kamis (18/11/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 200 ribu kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!