Potensi Bahaya Konstruksi Sumur Resapan DKI Bagi Pengguna Jalan

Andrygmv.net —

Pembuatan sumur resapan di jalan dinilai harus berlandaskan pada keselamatan. Praktisi keselamatan berkendara mengatakan jangan sampai pembangunan infrastruktur melupakan aspek tersebut karena berpotensi merugikan masyarakat.

Praktisi keselamatan berkendara Jusri Pulubuhu menyampaikan semua kontraktor dari proyek pemerintah harus memperhatikan aspek keselamatan. Ia memberi contoh seperti halnya sumur resapan di Jakarta yang bentuknya tidak karuan, lebih rendah dari permukaan jalan, atau malah menjadi tonjolan seperti gundukan.

Sumur resapan yang demikian dinilai membahayakan.

Menurut Jusri hal-hal seperti itu masih dianggap sebagai masalah kecil di Indonesia. Padahal sebenarnya dapat membuat masyarakat dirugikan.”Kalau itu kena sepeda motor apa tidak mental,” kata Jusri saat dihubungi, Selasa (23/11).

“Kita saja masih suka lihat tiang listrik ke badan jalan dibiarin. Terus di jalan besar ada bangunan yang menonjol karena pemerintah, katakanlah tidak bisa menggusur. Jadi konstruksi ini kayak perangkap kematian bagi pengguna jalan. Yang tadinya lurus tahu-tahu harus belok karena ada pekarangan rumah orang,” ungkap Jusri.

Ia menambahkan peningkatan kualitas dan kenyamanan masyarakat menggunakan infrastruktur harus jelas diperhatikan pengerjaannya. Jangan sampai apa yang dibuat malah berpotensi mencelakakan pengguna jalan.

“Jadi segala sesuatu harus berbasis keselamatan. Kalau terlihat mengganggu ya jelas itu tidak memenuhi persyaratan kelayakan konstruksi,” kata Jusri.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan 25.467 titik drainase vertikal, yang salah satunya sumur resapan di ibu kota. Namun pembuatan sumur resapan itu kini banyak dikeluhkan warga, khususnya pengguna jalan.

Mereka menilai sumur resapan yang gunanya mempercepat banjir surut dan memastikan cadangan air tanah terjaga saat musim kemarau ini merepotkan dan berpotensi bahaya. Bentuk sumur resapan yang sudah dibangun juga mempersulit arus lalu lintas lantaran pengendara mesti menghindar tiba-tiba yang terkadang menyulut masalah lain.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]