Pernah Mencoba Makanan Khas Maluku? Ini 3 Referensi Kuliner Terbaiknya

Andrygmv.net – Mulai dari keindahan Pantai Ora, Pulau Molana, Banda Neira, hingga Pulau Bair, semua tersedia di Maluku dan siap untuk dijelajahi. Tak hanya keindahan alam saja, makanan khas Maluku juga jadi salah satu daya tarik yang tak mungkin dipungkiri oleh siapa saja yang pernah ke sana.

Lalu, apa saja sebenarnya makanan khas Maluku? Kuliner khas Maluku apa yang sudah pernah kamu coba?

Papeda

Mungkin papeda sendiri lebih terkenal sebagai makanan khas Papua, namun kenyataannya makanan ini juga banyak ditemui di Maluku. Teksturnya yang kenyal, berwarna bening, sekilas mirip sekali dengan lem kertas.

Baca Juga:
5 Makanan Khas Jawa Tengah, Ada Serabi hingga Lumpia Semarang

Papeda, makanan khas Papua yang terbuat dari sagu. (Foto: suara.com/Dinda Rachmawati)
Papeda, makanan khas Papua yang terbuat dari sagu. (Foto: suara.com/Dinda Rachmawati)

Walau demikian, ketika dikombinasikan dengan kuah ikan yang dimasak dengan bumbu pekat, sayur, dan jeruk nipis, rasanya benar-benar tak akan terlupakan. Sebelum bisa menikmatinya, pelajari dulu cara makan papeda yang baik dan benar, ya!

Nasi Lapola

Di Maluku, makanan pokok yang dimiliki warganya adalah sagu. Namun salah satu makanan khas Maluku ini, nasi lapola, juga wajib Anda coba saat berkunjung ke sana.

Nasi lapola merupakan beras yang dimasak bersama dengan kacang tolo, serta tambahan parutan kelapa muda. Cara memasaknya juga sedikit berbeda, yakni dengan menggunakan api kecil hingga setengah matang.

Setelah itu, bumbu-bumbu dimasukkan, dan dikukus hingga matang. Tentu saja teksturnya dan rasa yang unik jadi ciri khas dari makanan yang satu ini.

Baca Juga:
5 Makanan Khas Daerah Terpopuler di Luar Negeri, Nggak Cuma Rendang yang Rasanya Nendang

Sajian sambal colo-colo khas Maluku. (YouTube/Dwi Widuri)
Sajian sambal colo-colo khas Maluku. (YouTube/Dwi Widuri)

Sambal Colo-Colo

Indonesia dan sambal adalah dua hal yang tak mungkin bisa dipisahkan. Di Maluku sendiri, terdapat satu sambal khas yang wajib sekali Anda coba, yakni sambal colo-colo.

Sambal ini dibuat dengan bahan dasar cabe rawit hijau dan merah, tomat muda, dan bawang merah yang sudah dikupas. Terakhir, tambahkan garam dan perasan jeruk nipis sebagai sentuhan akhir tanpa ditumbuk lagi.

Hasilnya? Rasa yang segar, pedas, dan mantap saat disantap dengan beragam makanan khas lainnya. Beberapa orang ada yang menambahkan daun kemangi atau irisan kenari merah untuk meningkatkan cita rasa sesuai selera.

Ketiga makanan khas Maluku di atas bisa Anda temukan hampir di semua tempat wisata di Maluku. Jadi, tak perlu terlalu mengeluarkan usaha untuk menemukan dan menyantap semua makanan lezat tersebut. Tinggal kunjungi saja tempat indah ini, lalu nikmati kuliner dan keindahan alamnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian