Perkembangan Bayi Dalam Usia Kandungan 7 Minggu

Ciri-ciri perkembangan bayi dalam 7 minggu

Meskipun perkembangan otak bayi Anda akan terus berlanjut lama setelah kelahiran, bagian dasar telah terbentuk. Seiring berjalannya waktu, sistem pencernaan dan paru-paru juga berkembang. Fitur wajah yang mungil juga mulai terbentuk, dan setiap lengan kecil sekarang memiliki tangan berbentuk dayung yang melekat padanya.

Perkembangan penting lainnya minggu ini adalah pembentukan tali pusat. Tali ini menciptakan hubungan antara Anda dan bayi yang sedang berkembang di sepanjang kehamilan yang memungkinkan nutrisi dan oksigen mengalir di antara Anda dan juga menghilangkan kotoran bayi Anda.

Jika Anda memiliki pemeriksaan kehamilan yang dijadwalkan untuk minggu ini atau dalam waktu dekat, dan menjalani pemeriksaan ultrasound, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk melihat dan mendengar sesuatu yang luar biasa: detak jantung! Jangan khawatir jika ini belum termasuk dalam rencana penyedia perawatan kesehatan Anda. Sementara itu, Anda bisa mendapatkan ide kapan Anda akan bertemu si kecil dengan menggunakan Kalkulator Tanggal.

Tubuh Ibu di 7 Minggu Hamil
Tanda-tanda kehamilan dan gejala yang mungkin Anda alami dalam beberapa minggu terakhir mungkin akan terus berlanjut, dan beberapa dari mereka mungkin menjadi lebih jelas minggu ini. Meskipun gejala-gejala ini bisa melelahkan dan mengganggu, perlu diingat bahwa Anda hanya beberapa minggu dari trimester kedua Anda, ketika banyak gejala-gejala ini mereda.

Satu gejala yang mungkin Anda alami sekitar minggu kehamilan ini adalah sering buang air kecil. Perubahan hormonal dan peningkatan volume darah harus disalahkan untuk ini. Sekarang ada lebih banyak cairan di sistem Anda, itu berarti lebih banyak untuk proses ginjal Anda, dan sebagai hasilnya, lebih banyak urin diproduksi. Daripada mengurangi asupan cairan Anda, tetap terhidrasi dengan meminum lebih banyak air daripada sebelum Anda hamil. Para ahli merekomendasikan sekitar 10 gelas cairan per hari.

Kebiasaan sehat harus menjadi pusat perhatian sekarang. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin memperingatkan Anda tentang risiko tertular toksoplasmosis, infeksi yang melewati daging mentah dan feses kucing atau mentah. Untuk menghindari bersentuhan dengan kuman, pesanlah daging Anda dengan baik, cuci tangan Anda secara menyeluruh setelah menyiapkan daging, dan singkirkan diri Anda dari kotoran kucing selama sisa kehamilan Anda jika Anda belum melakukannya.

7 Minggu Hamil: Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan
Anda mungkin ingin membeli beberapa potong pakaian untuk dipakai saat Anda tumbuh. Pakaian yang lentur sangat bagus untuk tetap nyaman, tetapi juga pikirkan tentang kecocokan dan bahannya. Misalnya, pastikan Anda mendapatkan pas untuk ukuran bra yang tepat selama kehamilan Anda, dan cari pakaian dalam dan pakaian yang terbuat dari katun atau serat alami lainnya untuk membantu membuat Anda tetap sejuk dan nyaman.

Pastikan Anda dan si kecil mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan. Pikirkan tentang membuang makanan pedas atau digoreng, karena dapat menyebabkan sakit maag. Juga, jika Anda vegetarian atau vegan, Anda dapat menemukan tanaman-protein yang bertahan (seperti biji-bijian dan kacang-kacangan) yang akan membantu menyeimbangkan diet Anda. Tanyakan pada penyedia layanan kesehatan Anda apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen apa pun, seperti vitamin B12, yang hanya ditemukan dalam produk hewani.

Jagalah kulit Anda dengan baik. Anda mungkin mendapatkan jerawat sekitar saat ini, Jadi Anda akan ingin mencoba untuk menjaga kulit Anda bersih dan bebas dari minyak berlebih untuk membantu mencegah pori-pori dan jerawat tersumbat. Cucilah wajah Anda dua kali sehari dengan pembersih yang lembut, jauhkan rambut dari wajah Anda, dan pastikan Anda memilih produk rias wajah dan perawatan kulit yang bebas minyak untuk menghindari penyumbatan pori-pori Anda.

About The Author