Penyebab Alarm Tak Bunyi Saat Mobil Dikunci

Andrygmv.net —

Alarm adalah fitur wajib yang perlu ada di mobil demi keamanan. Salah satu masalah yang kerap dijumpai pada sistem elektronik ini yaitu tidak berbunyi setelah mengunci pintu menggunakan kunci remote.

Biasanya alarm akan mengeluarkan bunyi untuk menandai sistem bekerja mengunci pintu. Jika tiba-tiba sunyi itu bisa mengindikasikan ada masalah.

Baterai habis

Kemungkinan paling umum alarm tak bunyi ketika pintu dikunci memakai kunci remote yakni baterainya habis. Sama seperti barang elektronik lain, seiring pemakaian energi baterai pasti akan berkurang.

Solusinya mengganti baterai, namun hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan jadi lebih baik menghubungi pihak bengkel yang bisa melakukannya dengan aman.

Mode valet

Menurut Auto2000, alarm mobil bisa diseting mode valet. Fitur ini fungsinya membuat alarm menjadi mode senyap untuk kebutuhan parkir menggunakan layanan valet.

Memakai layanan valet seperti di mal, restoran, atau tempat umum lainnya berarti Anda mengizinkan orang lain memindahkan mobil agar diparkir. Keamanan alarm mobil untuk kondisi ini dapat dilonggarkan.

Pada mobil Toyota, cara mengubahnya menjadi normal dijelaskan sebagai berikut, tekan tombol lock bergambar gembok terkunci pada alarm. Lalu tekan tombol unlock bergambar gembok terbuka.

Saat itu dikerjakan biasanya alarm mobil akan bunyi. Setelah itu Anda bisa menekan kembali tombol lock untuk mematikannya.

Kerusakan sistem

Penyebab lain alarm menolak bunyi saat pintu dikunci yaitu kerusakan sistem. Kerusakan itu dikatakan kemungkinan besar terjadi pada module alarm atau sirine.

Bila module alarm rusak maka tidak akan ada arus listrik yang mengalir untuk mengontrol kerja sirine yang membuatnya tidak bunyi. Kemungkinan lainnya yaitu sirinenya yang rusak, misalnya arus dari control module menjadi tidak bisa membunyikan alarm karena sirine mati.

Memperbaiki masalah ini juga sebaiknya dikonsultasikan ke bengkel terpercaya sebab perlu diperiksa menyeluruh, misalnya karena tegangan baterai kurang, sekring rusak, atau sambungan kabel-kabel eror.

(fea/fea)

[Gambas:Video CNN]