Pentingnya Bersyukur Dengan Membaca Doa Ini

Andrygmv.net – Sebagai umat muslim, Allah SWT telah memberikan berbagai kenikmatan di dunia, baik itu yang disadari maupun yang tidak disadari. Dan sudah seharusnya kita bersyukur dengan segala kenikmatan tersebut, mulai dari rezeki, kesehatan, kekuasan, ilmu, dan lain-lain.

Bersyukur bisa dilakukan dengan banyak cara. Termasuk di antaranya menjaga amanah yang diberikan dengan baik, hingga membaca doa.

Jangan sampai kita menjadi hamba yang lupa, dengan engeluh hingga putus asa. Lupa bersyukur hanya akan membuat kita tak nyaman, dan berakhir dengan menyalahkan Sang Pencipta yang telah memberikan kenikmatan di dunia.

Berikut doa bersyukur yang bisa Anda baca dari surat an-Naml ayat 15, yang diucapkan oleh Nabi Sulaiman dan Nabi Daud.

Baca Juga:
Memiliki Makna Tersendiri, Ini 4 Keutamaan Bulan Safar dalam Islam

Alhamdulillahilladzi faddhalana ala katsirin min ibadihil mu’minin.

Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman”. (Q.S an-Naml: 15).

Dalam potongan ayat di atas, disebutkan wa laqad ataina Dawuda wa Sulaimana ilma, yaitu Allah SWT telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman. Maksud dari doa ini, secara khusus menjadi bentuk doa syukur Nabi Daud dan Sulaiman atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada mereka berdua.

Selain itu, doa ini juga disebutkan oleh Quraish Shihab dalam bukunya yang berjudul Doa Pilihan yang Dianjurkan Para Nabi dan Orang Saleh. Doa tersebut dikatakan sebagai bentuk pengakuan seorang ilmuan atau ahli ilmu, bahwa ilmu yang dimilikinya merupakan anugerah dari Allah SWT.

Dari doa tersebut, kita sebagai umat muslim, sangat penting untuk memanfaatkan kenikmatan yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Mulai dari kesehatan, kesempatan, dan uang yang dimiliki untuk digunakan kepada hal-hal yang baik. Dengan begitu, apapun yang telah ditetapkan, jangan lupa untuk bersyukur dengan membaca doa ini, ya.

Baca Juga:
Sudah Menikah Belum Memiliki Keturunan, Ini Doa Agar Cepat Diberi Momongan