Penting! Kenali Penyebab, Ciri, dan Penanganan Kucing saat Keracunan

Andrygmv.net – Salah satu hal yang membuat pemilik kucing panik adalah saat melihat kucing peliharaan mereka keracunan. Sayangnya, cara atasi kucing keracunan ini beragam, tergantung dari penyebab keracunan itu sendiri.

Dilansir dari laman Daily Paws, berikut penyebab, ciri, dan cara mengatasi kucing keracunan. Bagi pemilik anabul, hal ini tentu penting untuk diketahui.

Penyebab Keracunan Pada Kucing

Kucing dikenal sebagai salah satu hewan dengan rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Sayangnya, sifat ini terkadang berakhir buruk karena kucing tidak sengaja menelan atau bersentuhan dengan sejumlah zat beracun.

Baca Juga:
Apakah Kucing Bisa Menjadi Psikopat?

Sayangnya, beberapa zat beracun ini dapat dengan mudah di temukan di rumah, bahkan beberapa produk buah-buahan dan sayuran juga bisa membuat kucing keracunan dan sakit.

Clif Paulsen, DVM di Cedar Valley Veterinary Center mengungkapkan bahwa tidak ada jenis dan ukuran kucing khusus yang membuat mereka lebih rentang dengan penyakit. Namun, faktor usia bisa menjadi salah satunya, karena racun akan menyerang ginjal atau hati yang kemungkinan besar sudah tidak berfungsi optimal pada kucing berusia lanjut.

Ciri-Ciri Kucing Keracunan

Muntah dan diareKesulitan bernapasLesuHilang nafsu makanRasa haus berlebihanNgilerGusi pucatDarah pada kotoran, muntah, atau liurKejang

Cara Mengatasi Kucing Keracunan

Baca Juga:
Pecinta Kucing Wajib Tahu! Begini Cara Kucing Berkembang Biak

Jika Anda menduga kucing telah diracuni, cara terbaik yang harus dilakukan adalah membawanya ke dokter hewan segera. Namun, jika Anda mengetahui penyebab mereka keracunan, misalnya makanan yang ditelan dan tidak menunjukkan ciri-ciri yang mengancam jiwa, dokter hewan mungkin bisa memandu perawatan jarak jauh, seperti menginduksi muntah.

Oleh sebab itu, penting bagi pemilik kucing untuk memiliki nomor telepon dokter hewan, sehingga mereka bisa menghubungi kapanku saat kucing terlihat kesakitan.

Dilansir dari Wag Walking, pengobatan kucing juga didasarkan pada jenis racun yang tertelan, misalnya:

  • Pemberian etanol pada kasus keracunan antibeku
  • Terapi cairan untuk mengeluarkan racunRelaksasi otot untuk tremor
  • Pemberian obat kejangInduksi muntah
  • Pemberian arang aktif untuk keracunan yang menyebabkan pendarahan internal atau korosi kerongkongan jika diinduksi muntah.

Demikian informasi mengenai cara menangani kucing keracunan sesuai dengan penyebabnya, semoga membantu memudahkan pemeliharaan anabul satu ini di rumah!