Pedasnya Mantap! Ini Rahasia Resep Sambal Bawang Bu Rudy ala Chef Devina Hermawan

Andrygmv.net – Sambal bawang menjadi salah satu jenis sambal super enak yang disukai banyak orang. Cita rasa sambal bawang yang gurih, menambah kenikmatan sepiring nasi hangat bersama lauk yang sedang disantap. Sambal bawang juga cocok untuk disimpan karena tahan lama tanpa pengawet!

Pada kesempatan ini, akan dibagikan resep sambal bawang gurih dan pedas dilansir dari kanal YouTube Devina Hermawan, Rabu (17/11/2021) dengan video berjudul “Awet TANPA Pengawet! Resep SAMBAL BAWANG Ala Bu Rudy Surabaya.”. 

Untuk para pecinta sambal, yuk simak resep Sambal Bawang Bu Rudy ala Chef Devina Hermawan super gurih dan pedas selengkapnya di bawah ini.

Bahan Sambal Bawang yang Dipersiapkan:

Baca Juga:
Resep Sambal Bawang Pedas Nampol, Teman Makan Paling Nikmat

  • 6 siung bawang putih (jangan dikupas)
  • 150-200 ml minyak
  • 150 gram bawang merah, geprek
  • 150 gram cabai rawit
  • 8 gram terasi (opsional) untuk menambah aroma
  • 50 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula (opsional)
  • ¾ sendok teh penyedap rasa

 Resep Sambal Bawang Super Nikmat

  1. Siapkan bawang putih yang digeprek dan kulitnya jangan dikupas, untuk menghasilkan aroma sedap.
  2. Panaskan minyak, lalu goreng bawang putih yang sudah digeprek hingga kecoklatan menggunakan api sedang, sisihkan bawang.
  3. Masukkan bawang merah ukuran sedang yang sudah digeprek dan cabai rawit ke dalam food processor  atau blender tidak halus.
  4. Masukkan cabai dan bawang yang sudah dihaluskan kasar ke dalam minyak panas. Aduk rata. Tambahkan terasi kemudian masak menggunakan api kecil.
  5. Taburkan sambal dengan garam, gula, dan penyedap rasa, aduk rata.
  6. Masukkan sedikit air lalu masak sambal hingga airnya benar-benar susut dan matang dengan api kecil, agar airnya menguap pelan-pelan dan teksturnya tidak mengering dan gosong. Pastikan kandungan air sambal seminimal mungkin agar lebih tahan lama disimpan.
  7. Matikan kompor. Setelah sambal dingin, sajikan dalam mangkuk sambal. Jika ingin menyimpan dan awet tahan laa, masukkan sambal ke dalam wadah kedap udara.
  8. Untuk wajan bekas menumis sambal, bisa juga dipakai untuk menumis nasi supaya sisa-sisa sambal bisa menempel dan meresap ke dalam nasi
  9. Sajikan nasi hangat dengan sambal, lauk, dan kerupuk.
     

Demikian resep sambal bawang super gurih dan nikmat yang bisa kamu masak sendiri di rumah. Aroma wangi, gurih, dan pedas berpadu menjadi satu dan menggoyang lidah!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi