Pecel Madiun Pawon Mba Uti, Hadirkan Rasa Sambal Kacang yang Gurih Nikmat

Andrygmv.net – Tidak cuma berisi kuliner dan makanan khas kawasan Pecinan, Festival Glodok Pancoran juga menyediakan kuliner dari daerah Indonesia lainnya, termasuk nasi pecel.

Pecel merupakan makanan yang berasal dari pulau Jawa, biasanya dihidangkan dengan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya, lalu dicampur dengan aneka jenis sayuran.

Makanan ini telah menjadi kuliner populer di sebagian wilayah Jawa, terutama Yogyakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Secara etimologi, dalam bahasa Jawa pecel diartikan sebagai tumbuk atau dihancurkan dengan cara ditumbuk. Di Indonesia, pecel yang paling terkenal adalah Pecel Madiun.

Baca Juga:
Aromanya Menggoda, Sate Babi Madu PB Jadi Menu Favorit di Festival Glodok Pancoran

satu porsi Pecel Madiun Pawon Mbah Uti di Festival Glodok Pancoran, Hublife, Jakarta Pusat. (Dok. Rizal/Andrygmv.net)
Pecel Madiun Pawon Mbah Uti di Festival Glodok Pancoran, Hublife, Jakarta Pusat. (Dok. Rizal/Andrygmv.net)

Seperti Pecel Madiun Pawon Mbah Uti, yang bisa kamu temukan di kawasan Festival Glodok Pancoran yang diselenggarakan oleh HubLife, Jakarta.

Salah satu pemiliknya, Fitria Astuti mengatakan, bahwa Pecel Madiun Pawon Mbah Uti telah berdiri sejak tahun 2016. Meski terbilang baru, ia mengaku bahwa usahanya sempat terhenti sejak pandemi Covid-19.

“Sudah dari tahun 2016, dan itu stuck sementara karena corona. Sebelum ini, saya pernah ikut sama orang lain dulu, yang alhamdulilah nya saya mulai buka usaha sendiri,” ungkapnya saat ditemui oleh Andrygmv.net, Kamis (25/11/2021).

Fitria mengatakan, ciri khas dari Pecel Madiun Pawon Mbah Uti ini, menghadirkan bumbu yang diracik sendiri. Tak hanya itu saja, pecel ini juga menambahkan satu ayam sebagai pelengkap.

“Ayam cuma pilihan sebenarnya, dan kita juga ada pecel dengan mendoan. Tapi yang paling lengkapnya itu ada empal gempuknya. Cuma sekarang fokusnya di ayam,” lanjut Fitria.

Baca Juga:
Rekomendasi 8 Makanan Khas Jawa Timur, Pedas Gurih Bikin Ketagihan

Untuk menikmati kuliner pecel yang satu ini, kamu bisa nikmati dengan harga Rp. 40.000 untuk Nasi Pecel Ayam. Sedangkan untuk Pecel Ayam Kampung, dihargai sebesar Rp. 45.000.