Pantang Sembarangan, Ini 5 Tips Makan Sushi yang Baik dan Benar

Andrygmv.net – Kendati merupakan kuliner khas Jepang, faktanya sushi hingga kekinian masih menjadi makanan yang digemari oleh warga masyarakat Indonesia.

Umumnya, sushi dibuat dengan bahan fresh yakni nasi pulen, potongan ikan dan juga nori alias rumput laut panggang.

Nah, tapi tahukah Anda? Ternyata makan sushi ada aturannya tersendiri yang benar dan juga tepat lho.

Daripada semakin penasaran, yuk simak tips makan sushi yang baik dan benar yang berhasil kami himpun dari laman Keepo.me—Jaringan Andrygmv.net, Kamis (11/11/2021) berikut ini yuk.

Baca Juga:
Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Ini 5 Makanan yang Mengandung Protein

1. Awas, sushi jangan dipotong-potong

Penyajian sushi memang dibuat untuk sekali suap. Meski mulut terasa penuh saat memakannya, sang koki sushi nggak bakal suka kalau konsumennya memotong dan memisahkan sushi bikinannya.

Dibanding memotong saat menyantapnya, lebih baik langsung meminta sang koki membuat bentuknya dipotong dalam ukuran yang lebih kecil. Piring saji pun bisa tetap bersih dan tak bersisa.

2. Santap yang berselimut terlebih dahulu

Kalau pesan berbagai jenis sushi, usahakan untuk selalu mulai memakan makizushi atau sushi roll. Jangan sampai rumput laut yang menyelimuti sushi ini jadi lembek dan susah buat digigit karena terlalu dibiarin melekat dengan nasi.

Baca Juga:
Mesti Dihindari, Bahan Makanan Ini Tingkatan Risiko Potensial Penyakit Kanker

Ilustrasi Sushi (Envato elements by fotografiche)
Ilustrasi Sushi (Envato elements by fotografiche)

3. Kecap jangan dicampur dengan wasabi

Ketika menyantap sushi, kurang lengkap rasanya kalau dimakan dengan wasabi, kecap, dan acar jahe. Meski tiap orang punya selera masing-masing, dalam penyajiannya sushi selalu dilengkapi beberapa bahan itu.

Tapi, nggak jarang orang sering mencampur wasabi ke dalam kecap. Meski didasari berbagai alasan, menurut tradisi cara ini adalah salah. Kalau ingin menyantap sushi, olesin sedikit wasabi ke sushi, baru dicelup ke kecap.

4. Pantang celup bagian nasi pada sushi ke dalam kecap

Ini adalah aturan yang sering dilanggar para penikmat sushi. Meski banyak buat celupin sushi ke dalam kecap, nggak disarankan yang menyentuh kecap itu adalah bagian nasinya.

Beda dengan nasi pada umumnya, nasi yang buat sushi punya tekstur yang lebih lembut. Waktu menyentuh kecap yang punya tekstur cair, menjadkan nasinya jadi hancur dan berantakan.

5. Asinan jahe sebaiknya disantap dalam waktu bersamaan

Asinan jahe yang disediakan di restoran sushi sebenernya harus dimakan terpisah. Di tengah atau akhir setelah sushi. Banyak orang justru memakannya bersamaan dengan sushi.

Padahal fungsi utama dari jahe adalah buat menetralisir indera perasa supaya rasa potongan sushi selanjutnya nggak tercampur sama sebelumnya. Sudah paham, ‘kan?