Olympus Tough TG-5 Review: Kamera Waterproof Terbaik?

Olympus Tough TG-5

Apa yang dimaksud dengan Olympus Tough TG-5?

Seperti namanya, Tough TG-5 adalah kamera saku yang kuat dan kasar yang dirancang untuk digunakan dalam kondisi yang akan membuat point-and-shoots lainnya menjadi tumpukan plastik yang tidak berguna.

Tahan air hingga 15 meter, tahan beku hingga -10ºC, tahan benturan hingga tekanan 100kg, disegel terhadap debu dan pasir, terlindung dari jatuh hingga 2,1m, dan dilengkapi dengan kaca anti-kabut di atas lensanya, juga terkenal untuk sensor 12 megapiksel pikselnya yang besar. Yang terakhir telah dipilih untuk meningkatkan kinerja cahaya rendah, dan kemampuan untuk menangkap kedua file Raw dan video 4K.

Tersedia dalam warna merah atau hitam, TG-5 termasuk lensa zoom optikal 4x, Wi-Fi internal dan sejumlah sensor termasuk GPS, kompas dan termometer. Beratnya 250g, termasuk baterai dan kartu SD.

Olympus Tough TG-5 black

Olympus Tough TG-5 – Design and features

Olympus Tough TG-5 memiliki skema design warna merah / hitam mencolok, tetapi tidak terlalu mencolok atau tebal, dan akan masuk ke saku celana tanpa menggali nyaman ke paha Anda.

Kamera menyimpan koneksi dan slotnya untuk kartu dan baterai di bawah pintu terkunci ganda yang tertutup karet, untuk menjaga agar air dan debu menjauh dari jeroan yang berharga. Ada tali yang sangat tebal untuk melingkari pergelangan tangan Anda juga.

Tapi mungkin aspek yang paling menarik dari desain fisik adalah cincin yang dapat dilepas di sekitar lensa. Putar ini dan Anda dapat memasang fish-eye lens opsional, converter telefoto, atau lampu LED cincin untuk menerangi foto makro ultra-dekat. Meskipun kami tidak dapat menguji salah satu aksesori ini untuk diri kami sendiri, mereka tampaknya menambahkan amunisi yang berharga ke gudang kreatif TG-5.

Tambahan opsional lainnya adalah PT-058 underwater case, yang memperluas kemampuan sub-aqua kamera hingga kedalaman 45m, sambil menyediakan akses ke semua kontrol dan fungsi.

Feature-wise, Olympus telah mencurahkan TG-5. Anda dapat merekam video pada 4K / 30fps untuk detail maksimal, tetapi juga pada 1080p / 120fps jika Anda ingin pemutaran slo-mo yang halus. Masih ada Pemotretan mentah, memungkinkan mereka yang memiliki banyak program pengeditan untuk pemrosesan pascaprogram, serta mode khusus untuk fotografi bawah laut dan close-up makro.

Ada juga Pro Capture, yang mengambil serangkaian bingkai bahkan sebelum Anda menekan tombol shutter. Idenya adalah untuk membantu Anda ketika Anda mencoba untuk menembak target yang sulit.

GPS, kompas, manometer, dan termometer di dalamnya, Anda dapat menambahkan segala macam info tambahan ke foto Anda. Ini sempurna, jika Anda adalah fotografer yang akan melihat kembali foto Anda beberapa tahun kemudian dan ingin tahu tidak hanya lokasi di mana Anda mengambilnya, tetapi arah yang tepat yang Anda hadapi dan betapa hangatnya pada saat itu!

Olympus Tough TG-5 – Screen

LCD 460.000-titik bukan fitur paling mengesankan TG-5, dan pesaingnya seperti Nikon W300 memilikinya dengan nyaman mengalahkan dalam hal resolusi. Ini tidak peka sentuhan – Anda tidak akan mengharapkannya, mengingat kamera ini dirancang untuk digunakan di bawah air – tetapi cukup terang dan detail untuk melayani tujuannya.

UI layar dapat diubah di antara beberapa mode dengan mengetuk tombol Info, termasuk satu dengan level semangat sensor-powered dan satu dengan grafik memuncak dengan cahaya. Sebagai seseorang yang menembak miring, terlalu sering mengambil gambar yang bengkok, saya menemukan yang pertama berguna – itu bukan fitur yang Anda temukan di banyak compacts kamera.

Olympus Tough TG-5 Screen

Olympus Tough TG-5 – Performance and handling

Tuas zoom, roda penyesuaian dan tombol mode semua kontrol fisik yang sangat berharga untuk dimiliki – dan tidak berarti diberikan pada kamera kasar seperti ini. Sebagian besar model lainnya menggunakan rocker atau tombol untuk mengontrol zoom, yang lebih fiddly digunakan.

Namun, perlu diingat bahwa tombol mode, yang memungkinkan Anda beralih cepat antara mode pemotretan TG-5 (serta dua mode yang dapat disesuaikan pengguna), rentan terhadap pasir yang terperangkap di belakangnya. Ini membuatnya lebih rumit untuk berubah, sampai Anda membersihkannya dengan sikat gigi atau blower.

Kadang-kadang, autofocus dapat berjuang dalam cahaya rendah, tetapi bekerja dengan cepat dan cukup akurat di luar ruangan. TG-5 juga menyertakan sekumpulan opsi pemotretan manual (seperti kemampuan untuk mengatur sensitivitas ISO) yang memberi pengguna kontrol lebih besar atas hasil gambar daripada rugged compacts kamera lainnya.

Olympus Tough TG-5 – Image quality

Dengan 12 megapiksel itu mungkin tampak sebagai jumlah rendah untuk kamera dengan harga ini, tetapi sensor 1 / 2.3in menggunakan piksel besar yang membiarkan lebih banyak cahaya daripada sensor berukuran relatif dengan 16 atau 20 megapiksel. Ini, ditambah dengan aperture f / 2.0 maksimum, menjadikan TG-5 berkinerja lebih baik dalam cahaya rendah (termasuk di bawah air) daripada saingan, memberikan jepretan yang memukau daripada gambar yang berisik dan luntur seperti yang Anda harapkan.

Dalam cahaya luar yang terang, bidikannya hidup dan bersemangat, menampilkan sejumlah detail yang layak. Perbesar kanan ke JPEG Anda dan ada beberapa pelunakan dan blurriness – kemungkinan sebagian disebabkan oleh lapisan kaca tambahan yang melindungi lensa. Dilihat dari ukuran normal, gambarnya mengesankan.

Video 4K menderita pelunakan yang sama ketika dilihat di layar besar, dan tidak membandingkan dalam hal kebersihan atau kerenyahan yang direkam pada kamera yang lebih besar dan lebih mahal – meskipun Anda mungkin benar-benar menghargai mode gerak lambat, yang merekam video 1080p pada 120fps untuk kelancaran pemutaran.

Mengapa membeli Olympus Tough TG-5?

Ini adalah kamera tahan air yang menawarkan perpaduan terbaik dari kualitas gambar, fleksibilitas, dan fitur. Ya, itu mahal, tetapi jika Anda ingin lebih dari sekedar compact yang tangguh – Anda menginginkan compact yang menghadirkan di depan kinerja, serta bertahan dengan sesi arung jeram – maka kita tidak bisa memikirkan model yang lebih baik.

Satu-satunya keuntungan model lain seperti Nikon W300 dan Fujifilm FinePix XP130 memiliki Tough TG-5 adalah resolusi layar dan jangkauan zoom yang sedikit lebih panjang, tetapi campuran kinerja, fitur, dan desain Olympus tetap menjadi standar emas dalam kategori ini.

Kesimpulan

Meskipun ada beberapa kompetisi baru di tahun 2018, TG-5 masih menonjol di antara kamera compacts yang kasar – ini memadukan kualitas gambar yang kuat dan lebih banyak fitur daripada model lainnya.

About The Author