Nostalgia Masa Kecil Bersama Kartun Hari Minggu Generasi 90an

Siapa disini yang lahir tahun tahun 90an? Siapapun itu, generasi 90an merasakan kebahagian yang luar biasa apalagi pada hari minggu. Jika generasi millenial menggunakan hari liburnya untuk bermain gadget, anak tahun 90an biasanya mempergunakan hari minggunya untuk menonton dan bersantai didepan TV untuk menonton acara kartun kesayangan mereka yang dimulai dari pukul 6 pagi sampai jam 12 siang. Pada dekade itulah, kartun-kartun terbaik asal jepang berjaya di setiap negara salah satunya yaitu Indonesia. Maka bukanlah hal aneh lagi anak generasi 90an pada jaman itu, anak-anak rela bangun sepagi mungkin hanya untuk menyaksikan kartun kesayangannya.

Sayangnya, masa kejayaan kartun asal jepang itu sudah berakhir dan hampir sudah tidak ada lagi kartun-kartun yang menemani hari minggu anak kecil sehingga kartun-kartun tersebut hanyalah menjadi sebatas kenangan,karena stasiun televisi masi kini dinilai kurang memberikan hal positif dan hanya berfokus pada perolehan rating dibandingkan dengan kualitas film itu sendiri. Stasiun televisi lebih sering menanyangkan sinetron-sinetron dewasa yang dinilai kurang mendidik pada psikologis anak. Untuk mengenang kembali kartun minggu pagi, simak ya ulasan berikut.

Kartun Lets and Go pernah menemani kebahagian anak-anak generasi 90an

1. Let’s & Go RCTI

Bakusō Kyōdai Let’s Go!! merupakan kartun yang pertama tayang di hari minggu. Di Indonesia anime ini ditayangkan di RCTI pada tahun 2002 hingga 2005 dan kemudian digantikan oleh Chouseishin Gransazer. Film ini menceritakan anak kelas SD bernama Go seiba dan Retsu yang tergabung kepada sebuah tim pembalap mini 4WD. Karena kuseksasannya, anak-anak generasi 90an tidak jarang merengek kepada orang tuanya untuk dibelikan tamiya.

Maruko chan merupakan serial anime yang selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak

2. Chibi Maruko Chan

Chibi Maruko Chan merupakan kartun komedi yang populer di Indonesia pada tahun 2000 dan tayang hingga tahun 2007. Kartun ini diangkat dari pengalaman masa kecil sang pengarang mengisahkan kehidupan seorang anak SD bernama Maruko ketika kelas 3 SD yang memiliki keluarga sederhana dan memiliki sifat pemalas, sering terlambat sekolah dan mendapatkan nilai buruk, hal ini sangat bertentangan dengan sifat dari kakaknya.

Detective Conan bercerita tentang seorang anak sma yang diracun dan kembali menjadi anak-anak

3. Detective Conan

Detective Conan merupakan serial karya dari Aoyama Gosho yang masih disukai oleh anak-anak hingga sekarang, meskipun kartun ini sudah tidak lagi ditayangkan di televisi Indonesia. Kartun ini menceritakan tentang seorang detektive bernama Shinichi Kudo yang selalu membantu polisi memecahkan kasus termasuk kasus pembunuhan diusia muda nya yaitu 17 tahun kemudian ia memergoki 2 anggota misterius sedang melalukan pemerasan kemudian Shinichi di pukul dan diberi racun yang memgakibatkan tubuhnya menjadi mengecil.

Doraemon merupakan kartun yang bercerita tentang robot dari abad 22 yang akan membantu seorang anak laki-laki ]

4. Doraemon

Anime yang ditulis oleh Fujiko F Fujio sejak tahun 1969 sangat disukai oleh semua anak-anak diberbagai dunia termasuk di Indonesia. Doraemon merupakan sebuah robot berbentuk kucing yang sangat takut dengan tikus dan dikirim untuk membantu seorang anak pemalas bernama nobita yang selalu merengek meminta tolong kepada Doraemon yang memiliki kantong ajaib yang dapat mengeluarkan berbagai macam benda bertekhnologi tinggi pada abad 22.

Shinchan seorang bocah 5 tahun yang nakal dan selalu melakukan hal konyol

5. Crayon Shinchan

Crayon Shinchan yang merupakan serial manga karya Yoshito Usui yang merupakan seorang anak kecil berusia 5 tahun yang tinggal bersama orangtua nya dan seorang adik bernama Himawari. Crayon adalah seorang murid taman kanak-kanak yang sangat sering membuat ulah dan repot orang yang disekitarnya. Anime Crayon Shinchan pernah ditayangkan di RCTI pada hari minggu dan kemudian berhenti penayangannya karena dianggap terlalu memberi efek negatif terhadap anak-anak karena kelakuannya.

Petualangan gila Hamtaro bersama dengan kawan-kawannya

6. Hamtaro

Hamtaro merupakan serial anak atau kartun dengan karakter utamanya seekor hamster berwarna orange yang memiliki badan kecil, halus dan sangat menggemaskan. Ia merupakan Hamster peliharaan dari seorang gasis siswa kelas 5 bernama Hiroko Haruno. Hamtaro memiliki banyak sekali teman dan tidak jarang melakukan penjelajahan dan petualangan gila di seluruh kota ketika pemiliknya pergi.

Nah, itulah beberapa serial kartun yang pernah ditayangkan di televisi Indonesia. Kalian generasi tahun 90an tentunya masih ingat kan ?

About The Author