Nikon Z7 review – pilihan kamera full frame mirrorless terbaik?

Nikon Z7 review

Apa itu Nikon Z7?

Nikon Z7 adalah kamera mirrorless full-frame beresolusi tinggi yang memiliki desain bodi yang sama dengan Nikon Z6.

Sementara yang terakhir adalah all-rounder yang lebih terjangkau, Z7 adalah untuk fotografer yang menuntut resolusi 45,7 megapiksel untuk lanskap, pernikahan atau pengambilan gambar still life.

Dibandingkan dengan Z6, ia juga menawarkan sistem AF 493 titik superior, bersama dengan sensitivitas ISO yang berkisar 64-25,600. Resolusi bukanlah satu-satunya hal yang tinggi tentang Z7 – harganya juga lebih curam daripada Z6, dengan yang terakhir diharapkan untuk menemukan penggemar amatir, bukan profesional.

Ini berarti Nikon Z7 sangat bernada melawan Sony A7R III. Impressive untuk kamera generasi pertama, ia berhasil bersaing dengan rival mirrorless yang lebih berpengalaman. Bahkan, ini adalah salah satu kamera terbaik yang pernah dibuat Nikon.

Nikon Z7 – Design and handling

Pertama, pertanyaan besar – apakah Anda akan senang pindah ke Z7 dari DSLR? Bagi kebanyakan orang, jawabannya adalah ya – Nikon pada dasarnya telah mendesain DSLR yang sedikit miniatur. Bahkan, itu mungkin tidak dianggap sebagai miniatur jika Anda terbiasa menggunakan salah satu dari tubuh tipe entri tingkat yang lebih kecil dari Nikon.

Membuat keputusan untuk menjaga Z7 bagus dan chunky berarti bahwa itu terasa baik berat dan kuat dibangun di tangan. Kami diberi tahu bahwa itu dibuat dengan standar keras yang sama seperti Nikon D850, jadi harus tahan satu atau dua pancuran, serta ketukan atau gesekan yang aneh.

Nikon Z7 – Design and handling

Z7 juga sedikit lebih besar dari saingan terdekatnya, Sony A7R III. Hasilnya adalah bahwa tombol-tombolnya terasa jauh lebih baik dan secara individual lebih besar dari pada Sony, menghasilkan perasaan yang kurang sempit yang sering Anda dapatkan ketika memotret dengan kamera seri A7.

Ada pegangan yang dalam, sementara berbagai tombol di sekitarnya akan kembali menjadi akrab bagi siapa saja yang telah menggunakan DSLR Nikon. Ada nuansa akrab dari tombol kontrol ganda di bagian depan dan belakang pegangan untuk menyesuaikan kecepatan rana dan manual, sementara joystick di bagian belakang dapat digunakan untuk menggeser titik fokus di sekitar bingkai, atau berpindah melalui menu.

Untuk mengambil jalan pintas ke fitur tertentu, Anda menekan tombol “i” dan menggunakan tombol fisik atau mengetuk layar untuk melakukan perubahan. Pembulatan tombol adalah navipad, tombol menu, tombol mode drive, tombol pembesaran, tombol AF-On (berguna untuk pemfokusan tombol-kembali), dan tombol tampilan. Semua kecuali tombol pemutaran dan hapus dikelompokkan di sisi kanan tubuh.

Pindahkan kembali ke bagian atas-kamera dan Anda akan melihat tombol mode, yang relatif mudah digunakan. Anda memiliki semua mode semi-otomatis dan manual, serta mode dan ruang yang sepenuhnya otomatis untuk grup setelan khusus. Apakah pro yang ditujukan untuk ini akan ingin menggunakan mode otomatis penuh dipertanyakan, tetapi setidaknya itu berarti bahwa siapa pun dapat mengambilnya dan mulai menembak langsung.

Selain itu, ada LCD di bagian atas tempat Anda dapat melihat semua pengaturan utama, seperti shutter speed, ISO, sisa ruang di kartu memori, dan sebagainya.

Nikon Z7 – Screen and Viewfinder

Ini adalah kamera mirrorless, Z7 memiliki viewfinder 3,6 juta dot, dengan pembesaran 0,8x. Ini hanya salah satu yang terbaik di pasar elektronik, dan bahkan seharusnya cukup untuk meyakinkan optik yang paling kuat bahwa elektronik adalah jalan ke depan.

‘Finder bergabung dengan 2,1 juta dot, layar sentuh miring. Mekanisme miring berguna untuk menyusun dari sudut-sudut yang canggung, dan ikut bermain ketika memotret discreet, dan street-type shots.

Nikon Z7 – Screen and Viewfinder

Sensitivitas sentuh layar jelas dipikirkan dengan sangat baik juga, tidak seperti penawaran Sony A7. Anda tidak hanya dapat mengatur titik fokus dan menembak pemicu melalui ketukan layar, Anda juga dapat menggunakannya untuk menavigasi menu cepat dan lengkap, serta menggesek gambar dalam pemutaran dan mengetuk untuk menampilkan tampilan diperbesar dari adegan.

Beberapa orang mungkin mengeluh bahwa layar tidak sepenuhnya mengartikulasikan – atau menggunakan desain pivot pintar seperti seri Fuji X-T, karena layar yang miring akan berlebihan jika Anda ingin memotret format potret. Tetapi kemiringan lebih baik daripada tidak sama sekali dan dalam beberapa situasi lebih cepat dan lebih tidak canggung untuk digunakan. Yang Anda sukai kemungkinan akan turun ke preferensi individual Anda, tetapi sepertinya tidak akan menjadi pemecah masalah.

Nikon Z7 – Image quality and performance

Dengan pengaturan yang sangat mirip dengan Nikon D850, kami berharap dapat bertemu dengan gambar luar biasa dan fokus yang sangat baik dari Z7. Syukurlah, secara keseluruhan kami belum kecewa. Gambar sangat detail, menunjukkan warna yang luar biasa dan, terutama saat menggunakan lensa seri S baru, sangat tajam.

Dalam pengujian laboratorium kami, detail gambar secara alami menurun ketika ISO dinaikkan, tetapi tetap lebih tinggi dari kebanyakan kamera lain di pasaran. Bahkan pada ISO 12,800, resolusi paling tinggi yang Anda dapatkan dari kamera 24 megapiksel. Z7 juga tampil mengagumkan dalam pengujian kebisingan kami, dengan gambar ISO 1600 hampir sama baiknya dengan bidikan yang luar biasa, bebas noise pada pengaturan dasar ISO 64.

Sebagian besar waktu pemfokusan cepat dan akurat, tetapi ketika menggunakan opsi pelacakan autofocus (ditemukan dalam opsi AF area-otomatis), ia berjuang sedikit untuk mengikuti subjek yang tidak menentu dan bergerak cepat. Bahkan, kami menemukan saudaranya yang lebih murah, Nikon Z6, menjadi sedikit lebih baik dalam melacak subjek yang cepat. Tak perlu dikatakan lagi, Z7 tidak akan menyebabkan Sony A9 tidur tanpa tidur, tetapi sekali lagi, Z7 tidak benar-benar dirancang sebagai kamera olahraga dan aksi.

Sebaliknya, Anda cenderung mendapatkan hasil yang lebih baik dari menggunakan fokus yang berkelanjutan dengan Titik Tunggal atau Wide-area AF yang dipilih, sesuatu yang lebih mudah dilakukan dengan olahraga atau tindakan yang relatif dapat diprediksi.

Membiarkan Z7 dalam mode pengukuran matriks menghasilkan eksposur yang seimbang di semua skenario kecuali kontras yang paling menantang. white balance otomatis bekerja dengan baik saat memotret di bawah cahaya buatan, tetapi bisa sedikit di sisi dingin di siang hari atau kondisi mendung – beralih ke pengaturan white balance pilihan Anda adalah cara yang baik untuk menyiasati itu.

Salah satu keunggulan terpenting Z7 membawa sesuatu seperti D850 adalah penambahan stabilisasi gambar di dalam tubuh. Ini bekerja sangat baik dengan lensa asli, serta lensa F-mount melalui adaptor, untuk membantu Anda memotret genggam dan masih tersisa dengan jepretan tajam – bonus nyata untuk pekerjaan cahaya rendah dan telefoto.

Daya tahan baterai sedikit lebih standar – peringkat CIPA Z7 adalah 330 tembakan dari biaya, meskipun itu adil untuk mengatakan itu sedikit konservatif. Selama pengujian, saya mengisi kartu 32GB dan hanya turun hingga 71%. Bagi sebagian besar pengguna antusias, hal ini harus berlangsung sehari, tetapi pro pasti harus berinvestasi dalam setidaknya satu baterai cadangan.

Dengan mudah, baterai dapat diisi dalam kamera melalui pengisi daya USB-C, meskipun ini tidak akan berfungsi jika Anda menggunakan baterai EN-EL15a lama dari kamera yang ada.

Mengapa membeli Nikon Z7?

Z7 adalah salah satu kamera beresolusi tinggi full-frame terbaik yang dapat Anda beli saat ini. Daripada mencoba untuk melindungi DSLR-nya, Nikon telah habis-habisan untuk membuat kamera mirrorless profesional yang terasa seperti Nikon tradisional – dan kebanyakan cara, itu berhasil.

Jika Anda pemilik DSLR Nikon yang ada – terutama yang memiliki model kelas atas seperti D850 – Anda akan dapat mengambil Z7 dan menggunakannya dalam cara yang hampir persis sama dengan yang biasa Anda gunakan. Itu membuatnya sangat menarik bagi mereka yang tertarik untuk mengambil semua keuntungan dari model mirrorless, tetapi sedikit berhati-hati dalam melakukan transisi.

Kesimpulan

Salah satu kamera terbaik Nikon yang pernah dibuat dan alternatif asli untuk Sony A7R III, Z7 memiliki lebih dari yang kami harapkan dari kamera mirrorless full-frame pertamanya.