Nikon Coolpix P1000: Kamera Bridge Superzoom Terbaik yang Pernah Ada?

Nikon Coolpix P1000 review

Apa itu Nikon Coolpix P1000?

Nikon Coolpix P1000 adalah kamera bridge, yang berada di antara zona kompak point-and-shoots dan kamera lensa yang dapat diganti – tetapi jauh dari kamera bridge rata-rata Anda.

Fitur menonjol adalah lensa zoom optik 125x, yang menawarkan rentang focal length yang setara dengan 24-3000mm dan jauh melampaui apa pun di pasaran. Laras lensa besar ini menyatakan bahwa P1000 adalah kamera besar, jauh lebih besar dan lebih berat daripada kebanyakan model bridge.

Fitur penting lainnya termasuk perekaman video 4K, jendela bidik OLED, dan layar LCD flip-and-twist.

Nikon Coolpix P1000 – Design and features

Seperti yang disebutkan di atas, ini adalah kamera besar. Bahkan mengambil laras lensa keluar dari persamaan, bagian belakang tubuh P1000 adalah ukuran dan bentuk DSLR ukuran penuh. Tambahkan lensa raksasa dan Anda memiliki kamera yang lebih besar dari kebanyakan DSLR; Anda mungkin akan membutuhkan tas kamera ukuran besar untuk mengangkutnya dengan aman.

Berat badan, bagaimanapun, hal-hal tidak terlalu buruk: sekitar 1.4kg, itu jauh lebih ringan daripada DSLR dengan lensa telefoto super terpasang. Kami menemukannya cukup tanpa rasa sakit untuk dibawa-bawa selama beberapa jam menggunakan tali kamera yang disediakan.

Nikon Coolpix P1000 – Design and features

Ada juga tudung lensa kecil yang disertakan dalam kotak, yang membantu melindungi lensa dari sinar matahari dan hujan. Namun, Nikon tidak membuat klaim mengenai weatherproofing, jadi kami tidak akan menyarankan untuk mencabutnya dalam hal yang lebih parah daripada gerimis ringan – jika uap air masuk ke dalam lensa, itu dapat menyebabkan beberapa masalah besar.

Kamera dilengkapi dengan flash pop-up yang besar (harus tinggi untuk memproyeksikan cahaya di atas lensa), plus hot shoe untuk memasang Speedlight flash atau mikrofon eksternal Nikon.

Dengan Wi-Fi dan Bluetooth di dalamnya, Anda dapat menautkan Nikon P1000 secara nirkabel ke ponsel atau tablet yang menjalankan aplikasi SnapBridge. Aplikasi ini memungkinkan Anda menyelaraskan foto dari kamera ke perangkat seluler saat Anda memotret menggunakan Bluetooth Low Energy, dan mentransfer video dan geotag menggunakan GPS ponsel Anda melalui Wi-Fi.

Nikon Coolpix P1000 – Screen and viewfinder

Tepat di bawah hot shoe Anda akan menemukan Viewfinder OLED yang mengesankan, yang menyala melalui sensor saat Anda mengangkat kamera ke mata Anda. Ini sangat besar dan terperinci, dan alternatif yang sempurna untuk layar LCD 3,2 inci ketika datang untuk membuat foto pada hari yang cerah.

Memegang kamera ke wajah Anda memiliki keuntungan tambahan untuk membuatnya tetap stabil, dan Anda akan menginginkan setiap sedikit stabilitas yang dapat Anda ambil saat memotret pada zoom 3000mm penuh.

Nikon Coolpix P1000 – Screen and viewfinder

Layar itu sendiri lebih dari cukup, meskipun layar sentuh akan menjadi tambahan yang berguna, jika hanya untuk membantu menetapkan titik fokus dengan cepat. Layar dapat flip dan miring, dan dibuat menghadap ke depan jika Anda ingin melakukan selfie.

Nikon Coolpix P1000 – Performance and handling

Sementara P1000 berukuran besar, itu tidak terlalu berat. Laras lensa besar dan pegangan tangan kanan memberi Anda banyak untuk membungkus mitts Anda saat memotret, dan Nikon telah menempatkan kontrol di tempat yang logis dan dipikirkan dengan baik.

Misalnya, di sebelah kiri laras lensa, di mana ibu jari kiri Anda berada, ada rocker zoom plus tombol yang beralih di antara panjang fokus apa pun yang baru saja Anda perbesar dan sudut yang jauh lebih lebar. Tombol terakhir tidak ternilai ketika mencoba membidik subjek yang jauh, karena itu berarti Anda tidak perlu memperbesar sepenuhnya ke belakang, cukup ketuk tombol untuk cepat kembali ke sana.

Nikon Coolpix P1000 – Performance and handling

Sisa dari tata letak kontrol menyerupai DSLR, dengan tombol mode di atas, kontrol kursor dan tombol shortcut di bagian belakang, ditambah tuas zoom lain di sekitar tombol shutter (itu benar: Anda memiliki dua cara untuk memperbesar di sini – satu untuk masing-masing tangan ). Ini adalah pengaturan yang layak, yang menawarkan pengguna akses cepat ke pengaturan yang paling sering digunakan. Ada juga lingkaran besar yang dapat diputar di sekitar laras lensa yang dapat diatur untuk mengontrol kompensasi eksposur, ISO atau white balance, tapi anehnya tidak ada fokus manual – yang tampaknya tidak menjadi pilihan pada kamera ini sama sekali.

Autofocus cukup cepat dan akurat, yang berarti hilangnya fokus manual tidak akan menjadi kerugian besar bagi banyak pengguna (meskipun saya merasa berguna untuk video dan fotografi makro, di mana fokus otomatis tidak selalu dapat dipercaya untuk mengunci ke tempat Anda menginginkannya).

Mengambil foto tajam pada 3000mm akan membutuhkan tripod, kecuali kamera Anda memiliki stabilisasi gambar yang sangat baik, dan kami senang melaporkan bahwa Nikon P1000 telah melengkapi yang terakhir dengan teknologi pengurangan getaran. Dalam pencahayaan yang layak, sangat mungkin untuk mendapatkan bidikan yang tajam dan stabil dengan zoom penuh. Bahkan video dapat terlihat cukup mulus jika Anda berhasil mempertahankan tangan yang cukup stabil. Ini adalah hal yang mengesankan, dan penting, karena tanpa stabilisasi gambar optik yang efektif, kemampuan telefoto ekstrim kamera ini akan sangat tidak berharga.

Perhatikan bahwa Anda masih memerlukan tripod atau dukungan serupa jika Anda ingin memotret bulan atau bintang, karena sensor kecil 1 / 2,3 inci kamera dan closed-down aperture pada zoom penuh berarti kecepatan shutter lambat diperlukan di malam hari.

Nikon Coolpix P1000 – Photo and video quality

Seperti yang disebutkan di atas, meskipun ukurannya P1000 memiliki sensor fisik kecil – hanya 1 / 2,3 inci, yang ukurannya sama dengan yang Anda temukan di, katakanlah, kamera point-and-shoot rugged saku seperti Nikon Coolpix W300. Sensor kecil bukan masalah besar ketika cahaya berlimpah, dan selama siang hari Anda dapat mengarahkan P1000 pada hampir semua hal pada setiap panjang fokus dan mendapatkan hasil yang dapat digunakan dan tajam.

Nikon Coolpix P1000 – Sample image

Pada malam hari, atau jika Anda memotret sesuatu yang jauh dan dalam bayang-bayang, sensor kecil dan aperture kecil (ia pergi dari f / 2.8 pada 24mm ke f / 8.0 pada 3000mm) membuat shutter speeds agak lambat. Ini berarti menangkap gambar yang tajam dari, katakanlah, bebek yang mengepak di air bisa hampir mustahil, karena Anda akan mendapatkan hasil buram setiap kali. Sangat penting untuk mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa lakukan untuk menghindari kekecewaan. Saya bertanya-tanya apa yang mungkin telah dilakukan Nikon menggunakan sensor APS-C yang lebih besar satu inci atau bahkan; mungkin penerus P1000 dalam satu atau dua tahun yang akan datang.

Saya tidak ingin terlihat terlalu rendah pada kualitas gambar, karena hanya memiliki kemampuan zoom dari wide angle hingga 3000mm adalah sesuatu yang sangat istimewa. Ini belum pernah ada di kamera seperti ini sebelumnya, dan Anda dapat melihat dari gambar uji kami berapa banyak jangkauan dan jangkauan yang disediakan lensa. Dengan stabilisasi gambar yang luar biasa, sangat mungkin untuk mengambil foto yang tajam, terperinci, dan bingkai-mengisi sesuatu yang sangat jauh sehingga Anda hampir tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Nikon Coolpix P1000 – Sample image2

P1000 juga sangat bagus dalam pengambilan gambar dari dekat. Masukkan ke mode makro dan Anda dapat memperpanjang zoom hingga sekitar 135mm dan mendapatkan hasil tajam yang indah dari subjek hanya beberapa sentimeter dari bagian depan lensa.

JPEG dalam kamera menunjukkan warna yang kuat dan sangat sedikit noise pada pengaturan ISO rendah, tetapi Anda memiliki pilihan untuk memotret dalam format Raw jika Anda ingin memproses sendiri gambar sepenuhnya.

Akhirnya, sepatah kata tentang video. P1000 dapat merekam video 4K pada 30fps, dan itu sangat mengesankan. Kami tidak pernah terpesona oleh 4K dari sensor kecil seperti ini sebelumnya, tetapi optik hebat dan stabilisasi gambar P1000 menempatkan keterampilan perekaman UHD pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada kamera yang lebih kecil dengan sensor ukuran yang sama. Detail, warna bersih, dan bukti kehalusan yang bagus.

Mengapa harus membeli Nikon Coolpix P1000?

P1000 pasti bukan untuk semua orang. Meskipun memiliki beberapa keserbagunaan, ini benar-benar kamera bagi mereka yang ingin mengambil gambar hal-hal yang jauh, dan bersedia memasang dengan ukuran besar dan harga yang diminta besar untuk melakukannya. Dengan harga sekitar Rp 15 juta memberi Anda banyak kamera akhir-akhir ini, dan kami menduga banyak orang akan mendapatkan nilai yang jauh lebih baik dengan memilih kamera sistem entry-level compact dari Panasonic, Sony atau Fujifilm, plus satu atau dua lensa ekstra.

Namun, jika Anda berkeinginan untuk memulai liburan untuk mengamati kehidupan burung, safari-goer, plane-spotter atau penggemar lainnya yang menghargai mencapai di atas segalanya, tidak ada yang lain di luar sana yang sama seperti P1000 dan tentu saja tidak ada yang lain di harga ini.

Kesimpulan

The Coolpix P1000 tentu saja sebuah prestasi, dan kemampuan untuk menangkap gambar yang cukup baik pada ujung 3000mm menandainya sebagai unik. Atribut positif utamanya termasuk penanganan yang sangat baik, Pengurangan Getaran yang efektif, dan sistem menu yang jelas, tetapi agar dapat menghadirkan kamera dengan optik ambisius seperti itu di bawah titik harga tujuh angka, kompromi harus dilakukan di tempat lain.

Layar LCD bukan yang terbaik, dan banyak dari tubuh terasa murah untuk kamera dengan harga yang sangat mahal. Sistem autofokus dapat bekerja dengan baik pada waktu tertentu, tetapi tidak dapat diandalkan pada panjang fokus yang paling mungkin digunakan, sementara pengunciannya setelah menangkap hanya beberapa gambar – bahkan dengan kartu memori cepat – membuat frustrasi. Meskipun efektivitas sistem VR, fakta bahwa tetap sulit untuk menyusun gambar dengan presisi pada akhir telefoto seharusnya tidak terlalu mengejutkan, dan kualitas gambar pada sudut lebar juga tidak terlalu mengesankan.

Sangat menyenangkan melihat kamera jenis Coolpix P1000 berevolusi dan bertualang ke wilayah baru, tetapi siapa pun yang serius tentang telephotography akan jauh lebih baik dilayani dengan kamera lensa yang dapat diganti dan lensa telefoto yang lebih sederhana, mungkin dengan teleconverter dan sedikit tambahan dapatkan jangkauan ekstra itu. Secara keseluruhan, sulit untuk menghilangkan perasaan bahwa Nikon terlalu kewalahan di sini.

About The Author

Reply