Naskah Teori Einstein Dilelang Puluhan Miliar Rupiah

Andrygmv.net —

Sebuah naskah tulisan tangan dari fisikawan Albert Einstein akan dilelang dengan harga 2,3 sampai 3,5 juta Euro, atau senilai Rp37 sampai Rp55 miliar (kurs Rp16.066) pada Selasa (23/11).

Naskah yang berisi pekerjaan persiapan untuk teori relativitas Einstein yang populer tersebut dilelang bakal dilelang di rumah lelang Agutters, Paris.

“Tidak diragukan lagi ini adalah manuskrip Einstein paling berharga yang pernah dilelang,” kata perwakilan rumah lelang, Minggu (21/11).

Dokumen setebal 54 halaman itu ditulis oleh Einstein dan rekan kepercayaannya seorang insinyur asal Swiss, Michele Besso. Naskah itu ditulis pada tahun 1913 dan 1914.

Perwakilan rumah lelang mengatakan berkat anak cucu Besso, manuskrip itu tersimpan dengan aman hingga saat ini, menurut laporan Phys.

“Ini ‘hampir seperti keajaiban’ karena jenius kelahiran Jerman itu tidak mungkin menganggap sebagai dokumen kerja sederhana, kata Christie’s.

Einstein meninggal pada tahun 1955 pada usia 76 dan dianggap sebagai salah satu fisikawan terhebat yang pernah ada. Ia merevolusi bidangnya dengan teori relativitas dan memberikan kontribusi besar pada teori mekanika kuantum.

Dikutip The News, ia juga pernah mendapat penghargaan Nobel fisika pada tahun 1921, yang kemudian diadopsi oleh budaya pop sebagai ikon ilmuwan jenius dengan ciri khas rambut yang acak-acakan, berkumis dan alis lebat.

Hasil tulisan tangan dari Einstein tak hanya kali ini dilelang. Sebelumnya pada Mei 2021, naskah yang bertuliskan E=mc2 dilelang lebih dari 1,2 juta Euro atau sekitar Rp19 miliar.

Surat tulisan tangan satu halaman dalam bahasa Jerman itu ditulis oleh Einstein pada 26 Oktober 1946, seperti dikutip Phys.

(can/fjr)

[Gambas:Video CNN]