NASA Tunda Perjalanan Luar Angkasa karena Ancaman Puing

Andrygmv.net —

Badan Penerbangan dan Antariksa NASA memutuskan untuk menunda perjalanan luar angkasa karena ada peringatan soal puing-puing di salah satu pos.

Astronot Thomas Marshburn dan Kayla Barron dijadwalkan keluar dari Stasiun Internasional Luar Angkasa atau ISS untuk melakukan perjalanan luar angkasa selama enam setengah jam.

Perjalanan tersebut ditujukan untuk mengganti salah satu antena komunikasi radio yang rusak. Mereka akan memperbaiki struktur rangka Port 1 (P1), tempat antena dipasang.

Antena tersebut baru-baru ini kehilangan kemampuannya untuk mengirim sinyal ke Bumi melalui Sistem Satelit Pelacakan dan Relay Data NASA.

Marshburn akan memposisikan dirinya di ujung lengan robot Canadarm2, bekerja sama dengan Barron. Sementara itu, astronot Matthias Maurer dari ESA (European Space Agency) akan mengendalikan lengan robotik dari dalam ISS.

Penundaan perjalanan luar angkasa tersebut diumumkan melalui akun Twitter ISS.

Perjalanan seharusnya menjadi perjalanan debut Barron, dan yang kelima untuk Marshburn.

November lalu Rusia menghancurkan salah satu satelitnya sendiri dalam uji coba rudal, menghasilkan awan puing yang menurut NASA telah “meningkatkan risiko ke stasiun.”

Puing tersebut memaksa tujuh awak di ISS untuk sementara berlindung di kapal mereka kembali. NASA mengatakan risiko terbesar terjadi dalam 24 jam pertama setelah tes.

Belum jelas apakah alasan penundaan perjalanan Thomas Marshburn dan Kayla Barron terkait dengan puing yang tercipta akibat uji coba satelit Rusia atau bukan.

Rusia sendiri telah menyanggah tuduhan AS bahwa uji coba mereka telah membahayakan ISS.

Otoritas AS menyebut bahwa pihaknya tak diberi tahu lebih sebelumnya tentang rencana uji coba satelit Rusia tersebut.

Misi luar angkasa untuk memperbaiki fungsi antena tersebut dijadwalkan kembali Kamis (2/12) waktu AS.

(AFP/fjr)

[Gambas:Video CNN]