Murah Kebangetan! Makanan Khas Turki untuk Sarapan Ini Harganya Cuma Rp5 Ribu

Andrygmv.net – Seorang wanita membagikan momen saat dirinya membeli sarapan di Turki. Ternyata, hanya dengan Rp5.000 ia sudah bisa membeli menu makanan khas Turki untuk sarapan.

Momen membeli sarapan khas Turki itu dibagikan melalui akun TikTok @meyhng. Ia memutuskan untuk membeli simit, salah satu kuliner Turki terjangkau untuk sarapan.

Dalam video singkat berdurasi 18 detik tersebut, wanita ini menunjukkan proses pembuatan simit itu. Simit merupakan roti khas Turki dengan bentuk lingkaran dan lubang di tengahnya.

Simit juga biasanya ditaburi dengan biji wijen atau biji-bijian lain seperti biji poppy, rami, atau bunga matahari. Sekilas simit terlihat seperti bagel namun sebenarnya sangat berbeda.

Baca Juga:
5 Makanan Khas Riau Legendaris, Terkenal akan Kelezatannya!

Tekstur dari simit lebih keras daripada donat maupun bagel. Meski demikian, ukuran, kerenyahan, dan kekenyalan serta karakteristik simit bisa berbeda menurut wilayah.

Simit, makanan khas Turki (TikTok @meyhng)
Simit, makanan khas Turki (TikTok @meyhng)

Penjual akan membelah separuh simit kemudian diolesi dengan selai cokelat. Untuk satu porsi bagel ini harganya hanya sekitar 2.5 TRY atau sekitar Rp5.000.

“Rp5.000 dapat apa ya di Turki? Ternyata kita tuh udah bisa dapetin sarapan khas Turki, lho,” ujarnya dalam video tersebut.

Wanita ini juga menyebutkan simit ini cukup mudah ditemui di sepanjang jalan Turki. Simit pun banyak dijual mulai dari pedagang kaki lima hingga di restoran.

Video ini rupanya menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

Baca Juga:
9 Makanan Khas Papua, Bukan Hanya Papeda, Coba Juga yang Ini

“Rp5.000 di Turki cuma dapat itu? Mending di Indonesia Rp5.000 dapat Indomie,” komentar seorang warganet.

Warganet lainnya ikut berkomentar. “Kebayang kerasnya. Dulu pernah ke Uzbekistan beli roti kayak gini dan keras banget,” ujarnya dalam video itu.

“Umum sih. Di kota-kota kalau pagi sarapan roti beli di luar harganya juga segitu,” tulis warganet lainnya di kolom komentar.

Sementara itu, kurang dari 24 jam, video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 2 juta kali di TikTok.

Untuk menonton video selengkapnya, klik di sini!