“Morning Sickness” Saat Hamil

Mual dipagi hari kadang suka membuat tak karuan

 

Morning sickness biasanya tidak menimbulkan masalah bagi bayi yang belum lahir. Namun, jika seorang wanita hamil mengalami muntah yang parah dan terus menerus, penting untuk menghubungi dokter.

Morning sickness biasanya mulai membaik setelah 16 hingga 20 minggu kehamilan. Namun, beberapa wanita terus mengalami mual untuk waktu yang lebih lama. Morning sickness kadang-kadang dianggap sebagai ketidaknyamanan kecil kehamilan, tetapi dapat memiliki efek merugikan yang signifikan pada aktivitas sehari-hari dan kualitas hidup ibu yang diharapkan. Sering dapat diobati dengan membuat perubahan pola makan dan banyak istirahat. Dukungan keluarga dan teman-teman juga dapat membuat morning sickness lebih mudah dikelola.

Beberapa saran makanan dan makan yang dapat membantu mengelola gejala mual di pagi hari :

  • Makan makanan kecil lebih sering. Hindari mengurangi asupan makanan karena dapat membuat mual lebih buruk.
  • Hindari terlalu banyak minum, Sering-seringlah minum-minum kecil di antara waktu makan.
  • Batasi makanan berlemak, pedas dan goreng.
  • Waspada makanan memiliki bau yang lebih kuat atau bau ketika memnaskan makanan, yang dapat membuat mual lebih buruk. Jika memungkinkan, mintalah orang lain membantu memasak, atau siapkan makanan Anda pada saat-saat ketika Anda merasa lebih baik.
  • Cobalah makan biskuit kering sebelum Anda bangun dari tempat tidur di pagi hari.
  • Makan camilan sehat sebelum tidur di malam hari. Ini mungkin termasuk buah (segar, tinned, kering), biskuit dengan keju keras atau yoghurt.
  • Cobalah tablet jahe, ginger ale kering, teh peppermint, atau teh jahe (masukkan tiga atau empat potong jahe segar dalam air panas selama lima menit).
  • Hindari makanan jika rasanya, bau atau penampilannya membuat Anda merasa mual.

Atasi mual dipagi hari dengan beberapa vitamin

Catatan: Asam lambung dalam muntah dapat melembutkan enamel gigi. Sebaiknya tidak menggunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi langsung setelah muntah karena ini dapat merusaknya. Minumlah air untuk membersihkan mulut Anda.

Jangan mengonsumsi obat apa pun untuk mengobati mual di pagi hari, kecuali dokter Anda tahu Anda hamil dan telah meresepkan obat tertentu. Jika Anda tidak dapat mengambil cairan atau merasa lemah, pusing atau tidak sehat, Anda mungkin menderita dehidrasi dan Anda harus konsultasi dengan dokter kandungan.

About The Author