Modal Xpander Facelift Lawan Avanza Baru yang Meluncur Hari Ini

Andrygmv.net —

Mitsubishi Indonesia sudah meluncurkan model facelift Xpander, termasuk Xpander Cross, baru pada Senin (8/11). Mobil terlaris Mitsubishi di dalam negeri ini mendapatkan sejumlah pembaruan yang menjadi modal melawan generasi baru Toyota Avanza.

Pasar low MPV di Indonesia memanas pada pengujung tahun. Xpander facelift meluncur dua hari sebelum jadwal peluncuran Avanza baru yang akan dilakukan hari ini, Rabu (10/11).

Setelah itu generasi baru Daihatsu Xenia dan model khusus diduga Suzuki Ertiga Suzuki Sport bakal meluncur pada 11 November di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Kehadiran desain baru low MPV ini akan menarik karena diprediksi dapat menggerakkan pasar mobil nasional lantaran semuanya juga sedang mendapatkan diskon PPnBM sebesar 100 persen dari pemerintah.

Xpander

Sebagai model pertama yang meluncur, Xpander memulai lagi kompetisi menggaet konsumen dengan revisi desain di area wajah, namun tetap mempertahankan bahasa desain khas Mitsubishi, ‘Dynamic Shield’.

Penyegaran diberikan pada bagian bumper depan, lampu besar yang kini bentuknya seperti huruf ‘T’, lampu belakang, ornamen di bodi samping, electric switch, tail gate door handle, dan desain pelek 17 inci baru.

Selain itu ada ubahan juga pada kabin yakni di dasbor yang memakai lapisan lunak, Interior Color & Accent, New Digital AC Panel, serta layar sentuh 8 inci dengan Smartphone Linked Display Audio (SDA).

Selanjutnya terdapat desain baru pada bagian meter cluster, Steering Wheel with Audio Steering & Hands Free Switch, Rear AC Garnish, hingga New Instrument Panel & Door Trim with Soft Pad.

Xpander juga mendapatkan penyempurnaan pada suspensi dan shock absorber, hingga meningkatkan tingkat kekedapan kabin. Kemudian tambahan fitur keselamatan baru adalah Speed Sensitive Automatic Door Lock dan Electric Parking Brake with Brake Auto Hold.

Pada sistem teknis Mitsubishi mengubah transmisi otomatis konvensional 4-percepatan menjadi CVT. Menurut perusahaan selain lebih nyaman, transmisi ini disebut menjanjikan mesin lebih irit bahan bakar.

Varian petualang Xpander Cross juga mendapatkan perubahan yang hampir sama seperti Xpander, namun terdapat beberapa perbedaan seperti yang tampak di bagian grill.

Kemudian pada interior terdapat kombinasi pelapis warna hitam dan navy untuk memberikan kesan elegan dan sporty. Selain itu ubahan juga diberikan pada Horizontal Axis Design Dashboard with soft touch, Instrument Panel & Door Trim xpandewith Soft Pad, Interior Color (Black & Navy Blue), Console Tray & Card Holder, serta New Floor Console with Armrest.

Selain itu ada kehadiran AC digital, layar sentuh 9 inci, hingga tampilan baru dengan desain High Contrast Meter Cluster with Color MID. Fitur pada model Cross juga diperbarui seperti Xpander, yakni Speed Sensitive Automatic Door Lock dan Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold, serta transmisi otomatis model CVT.

Mitsubishi tak mengungkap harga resmi Xpander dan Xpander Cross saat peluncuran pada 8 November. Harga keduanya akan diumumkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan penyegaran Xpander sengaja dirilis di pengujung tahun sembari menyambut perhelatan GIIAS yang akan berlangsung pada 11-21 November.

Nakamura juga bilang kehadiran mobil ini di pengujung tahun sekaligus ingin memanfaatkan kesempatan dari program pemerintah mengenai relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen yang berlaku hingga 31 Desember 2021.

(lnn/fea)

[Gambas:Video CNN]