Mobil Listrik Suzuki Rilis di India 2025, Harga di Bawah Rp130 Juta

Andrygmv.net —

Suzuki bakal memulai strategi untuk mobil listrik dengan ukuran ringkas yang disinyalir memiliki harga tidak lebih dari Rp200 juta atau sekitar 1 juta yen atau setara Rp 125,8 juta. Harga yang relatif terjangkau ini usai dikenakan subsidi dari pemerintah.

Nikkei Asia menyebutkan Suzuki akan menjual mobil listrik di India mulai 2025. Setelah India, mobil listrik Suzuki akan dijual di berbagai negara termasuk Jepang dan Eropa.

“Kami telah mengatakan bahwa kami akan masuk EV [electric vehicle] dan mobil hybrid di India pada 2025,” ucap salah satu sumber Suzuki, dilansir Selasa (30/11).

Maruti Suzuki merupakan penguasa pasar otomotif di India, segmen yang paling didominasi merupakan mobil compact seperti Alto, Wagon R, Baleno, dan Swift.

Financial Express menjelaskan mobil listrik Suzuki sempat tertangkap kamera di jalanan tanpa kamuflase.

Sementara itu, rencana elektrifikasi Suzuki juga sudah dipastikan sampai ke Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Suzuki sudah berkomitmen menambah investasi Rp1,2 triliun untuk memproduksi mobil elektrifikasi.

Namun beda dari informasi mobil listrik dan strong hybrid di India pada 2025, Suzuki akan menggunakan pabrik di Indonesia untuk memproduksi model hybrid ringan, yaitu Ertiga Mild Hybrid pada 2022 dan XL7 Milid Hybrid pada 2023.

Untuk menyambut era mobil listrik, Suzuki Indonesia juga telah menghentikan penjualan produk LCGC, yaitu Karimun Wagon R.

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]