Mobil Listrik Selo Era Dahlan Iskan Bakal Ganti Kemasan

Andrygmv.net —

Mobil listrik konsep buatan Indonesia, Selo, yang sebelumnya sempat heboh pada era Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, disebut akan hadir kembali dalam wujud generasi kedua.

Mobil tersebut kini masih dalam riset dan pembuatan menurut praktisi mobil listrik Ricky Elson.

“Saat ini saya juga sedang melanjutkan kegiatan pengembangan kendaraan listrik dengan membagikan teknologi ke anak muda dan pembuatan Selo generasi kedua,” kata Ricky secara daring dalam seminar Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 pada pekan lalu.

Ricky adalah ahli motor penggerak listrik yang dikenal sebagai salah satu percancang Selo. Ia sudah malang melintang pada industri ini sejak 2012 atau saat Dahlan menjadi menteri.

Ia dahulu mendapat mandat dari Dahlan untuk merancang mobil listrik nasional pada 2013 bersama lima praktisi lainnya.

Dari sana sempat terwujud motor mobil listrik dengan kerjasama bersama Pindad. Lalu satu tahun kemudian lahir mobil listrik konsep bernama Selo dan Gendhist.

Selo diketahui merupakan mobil listrik yang bentuknya seperti supercar.

Pengembangan Selo disebut menghabiskan Rp1,5 miliar. Selo juga sempat dipamerkan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC 2013 di Bali.

Mobil ini hadir dengan laburan warna kuning yang jika dilihat sepintas mirip MCLaren MP12C. Namun mobil ini diselimuti isu pernah dinyatakan tidak lulus uji emisi untuk digunakan di jalan raya.

[Gambas:Instagram]

Sebagai cikal bakal mobil listrik nasional, Selo dibangun dengan kandungan lokal 70 persen yang terdiri dari bodi dan interior. Sedangkan baterai dan motor listrik didatangkan dari luar negeri.

Ricky tak menjelaskan sudah sejauh mana pengembangan generasi Selo itu.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]