Misteri “The 27 Club” dan Musisi Yang Tergabung Didalamnya

Beberapa anggota atau musisi yang tegabung di 27 club

Fenomena 27 club dengan nama lain Curse 27 atau The Forever 27 Club terdengar tidak asing lagi bagi pecinta musik didunia. Sebutan 27 club ditujukan untuk para musisi/sekumpulan musisi di dunia yang telah meninggal di usia 27 tahun. 27 club bukanlah klub yang resmi dibentuk oleh anggotanya, karena ini hanyalah sebutan yang telah disepakati oleh publik setelah mengamati beberapa musisi di dunia yang meninggal di usia 27 tahun. Kematian mereka pada usia 27 tahun identik dengan penggunaan obat-obatan telarang, konsumsi alkohol yang berlebihan, kekerasan hingga bunuh diri.

Awalnya, klub 27 hanya untuk musisi yang meninggal pada tahun 1969-1971, tapi ternyata konspirasi ini berlanjut sampai saat ini. Istilah 27 club muncul lagi setelah kematian dari mega bintang yang sedang naik daun pada saat itu yaitu Kurt Cobain pada tahun 1994. Kematian Cobain di usia 27 tahun kala itu langsung dikaitkan dengan usia kematian musisi sebelumnya seperti Brian Jones dan Jimi-Hendrix. Klub 27 kembali terdengar dan dibicarakan banyak orang pasca kematian Amy Winehouse pada tahun 2011 dan yang paling terbaru adalah kematian dari Kim Jong-hyun 2017 silam. Penasaran dengan kematian  anggota dari klub 27 ini? Simak berikut ini sebagian sejarah kelam legenda musik didunia.

Brian Jones yang merupakan salah satu pendiri Rolling stones yang meninggal di usia 27 tahun karena tenggelam

1.Brian Jones usia 27 tahun (1942-1969)
Brian Jones memiliki nama lengkap Lewis Brian Hopkins Jones adalah seorang legenda musisi dunia yang merupakan salah satu founder band rock and roll terkenal yaitu The Rolling Stones. Jones merupakan musisi jenius yang mampu mengkolaborasikan alat-alat musik tradisional dengan musk rock. Sayangnya, ia dipecat pada tahun 1969 karena mengalami adiksi berat terhadap narkoba dan alkohol. Pada tahun itu juga tepatnya pada 2 juli 1969, Brian ditemukan tewas di kolah renang rumahnya di Inggris. Meskipun kematian nya ditetapkan sebagai kecelakaan, sebagian orang berspekulasi bahwa kematian jones merupakan sebuah pembunuhan yang tidak terbukti sampai sekarang.

Jimi Hendrik yang memiliki julukan dewa gitar karena kepiawaian nya bermain gitar meninggal pada usia 27 tahun

2. Jimi Hendrix Usia 27 tahun (1942-1970)
Jimi Hendrix adalah seorang gitaris paling sensasional yang pernah ada di dunia. Bahkan Jimi Hendrix di juluki “Dewa Gitar”. Jimi mengawali perjalanan karirnya di bidang musik dengan mengalami banyak lika-liku seperti di keluarkan pada bandnya sampai tersandung kasus pidana. Karir nya mulai meroket ketika Jimi memutuskan untuk bersolo karir. Karir yang memuncak membuat Jimi lupa diri dengan mengkonsumsi alkohol dan narkoba. Konsumsi narkoba dan alkohol yang berlebihan ini justru membuatnya meregang nyawa pada 18 September 1970 di usia 27 tahun.

Kurt Cobain yang memiliki penampilan cuek dengan rambut gondrongnya meninggal pada usia 27 tahun karena obat-obatan

3. Kurt Cobain usia 27 tahun (1967-1994)
Smells Like Teen Spirits itulah lagu yang dibawakan oleh band Nirvana yang merajai tangga lagu di banyak negara. Nirvana memiliki 3 personil yaitu Dave Grohl , Chris Novoselis dan sang vokalis yang memiliki gaya cuek dengan rambut gondrong nya yaitu Kurt Cobain. Namun sayangnya kesuksesan band Nirvana tidak bertahan lama karena nasib tragis menimpa salah satu personilnya, yaitu Kurt Cobain yang ditemukan tewas pada 8 April 1994 di rumahnya dengan sebuah revolver mengarah ke dagu nya. Setelah dilakukan otopsi ternyata didalam tubuh Cobain terdapat kandung heroin dan valium yang tinggi. Tetapi, meskipun polisi menetapkan Cobain terbunuh karena hal tersebut, dikalangan masyarakat luas terbentuk beberapa spekulasi dan rumor, dimana sebagian orang mempercayai bahwa Cobain dibunuh. Dan belakangan ini tersebar bahwa istrinya Courtney Love lah dituding sebagai dalang dari kematian sang mega bintang. Meskipun demikian hal ini tidak terbukti sampai sekarang dan tetap menjadi misteri.

Amy Winehouse dengan gaya nyentriknya dan kemampuan vokal luar biasa meninggal pada usia 27 tahun karena keracunan alkohol

4. Amy Winehouse usia 27 tahun (1983-2011)
Amy Jade Winehouse adalah salah satu musisi muda yang sangat bertalenta, penyanyi yang memiliki gaya nyentrik ini dengan vokal rendah dapat memainkan banyak genre musik seperti soul, rhythm, jazz dan blues. Dengan bakat luar biasa yang ia miliki, Amy dengan mudah mendapatkan berbagai pernghargaan dalam ajang bergengsi seperti Grammy Award, Brit Award, MTV dan masih banyak lagi. Meskipun Karir bermusiknya di anggap berjalan lancar namun perjalanan hidupnya sangat berliku, dimana ia mengaku memiliki kecanduan pada alkohol dan narkoba. Hingga pada 23 juli 2011 karir bermusiknya harus terhenti karena Amy meninggal karena keracunan alkohol. Kematian Amy diusia 27 tahun membuatnya terdaftar menjadi anggota 27 club.

Kim Jong Hyun yang beberapa saat lalu meninggal pada usia 27 tahun karena bunuh diri dengan menghirup gas briket atau asap berbahaya

5. Kim Jong hyun (1990-2017)
Kabar duka terbaru datang dari Korea Selatan, Pada tanggal 18 Desember 2017 salah satu member dari grup SHINee yaitu Kim Jong Hyun ditemukan tidak sadar diri di apartemen miliknya di Seoul, Korea Selatan. Kemudian beberapa saat kemudian Jong Hyun dilarikan ke rumah sakit untuk menerima pertolongan pertama, tetapi nyawa Jong Hyun tidak bisa diselamatkan. Penyebab kematian Jong Hyun adalah karena bunuh diri dengan cara menghirup asap beracun dari briket batu bara. Jong Hyun sudah lama mengalami depresi di hidupnya dan mengidap Seasonal Affective Disorder yaitu ia memiliki perasaan depresi pada musim tertentu terutama musim gugur dan dingin. Depresi yang diderita nya ini membuat Jong Hyun menyerah dan memilih untuk menyudahi hidupnya pada musim dingin 2017 silam. Kematian Jong Hyun membuat nya masuk ke dalam anggota 27 Club karena kala itu Jong Hyun meninggal pada usia 27 tahun.

Itulah 5 musisi yang meninggal pada usia 27 tahun, dan di halaman Wikipedia terdapat lebih dari 60 musisi dan ikon pop yang wafat diusia 27 tahun dan langsung dikaitkan dengan The 27 Club. Meskipun penyebab kematian dari 27 club ini beragam, orang-orang menilai kematian itu mencurigakan karena kematian mereka terjadi disaat musisi tersebut sedang berada di puncak kejayaan mereka, bahkan beberapa musisi sudah memiliki insting bahwa mereka akan meninggal di usia muda. Sebuah konspirasi mengatakan bahwa ada sebuah dalang yang sengaja akan menghilangkan para musisi/seniman karena kemampuan dan karya mereka akan memperngaruhi generasi muda dan menjadi ancaman bagi sebuah negara. However, it’s jus a conspiracy theory. Dari segi kejiwaan, pada usia menginjak 27 adalah masa transisi manusia. Menurut Trust Alzheimer dalam BBCnews menyebutkan bahwa pada usia 27 tahun, tubuh manusia secara alamiah akan mengalami kemunduran mental yang tidak bisa dielakan secara biologis. Spekulasi dan mitos yang terus bermunculan seputar 27 club ini. Meskipun demikian, karya dari musisi tersebut tetap dikenang oleh sebagian oleh di dunia hingga saat ini.

About The Author

Reply