Miss Indonesia Bawa Misi Khusus ke Ajang Miss World Lewat Kain Batik dan Tenun

Andrygmv.net – Budaya batik dan tenun khas Indonesia kembali akan dikenalkan ke dunia melalui ajang Miss World 2021. Perwakilan Indonesia pada ajang tersebut, Miss Indonesia 2020, Pricilia Carla Yules, berencana membawa puluhan tas belanja dari kain batik dan tenun saat bertanding ke Puerto Rico, Amerika Utara, dalam perebutan Miss World 2021.

Tas belanja rancangan desainer Evelyn Angelia itu nantinya akan dibagikan kepada para peserta Miss World dari berbagai negara lain. Carla mengatakan, lewat tas kantung tersebut, ia ingin mengenalkan kepada dunia mengenai keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia.

“Kita kenal memang paling banyak dari bahan batik dan dibuat juga dari bahan tenun. Jadi ketebalan bahan juga beda. Mulai dari motif, bahan, dan pewarnaannya beraneka ragam. Jadi lebih mencerminkan masyarakat Indonesia,” kata Carla saat berkunjung ke Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Budi Bhakti, Cengkareng, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Selain mengenalkan budaya Indonesia, Carla juga bermaksud menyampaikan pesan terkait peduli lingkungan kepada masyarakat dunia. Ia pun sengaja meminta kepada Evelyn untuk dibuatkan tas belanja yang ringan, mudah dilipat, dan dibawa kemanapun agar bisa mengurangi penggunaan sampah plastik.

Baca Juga:
Masa Depan Batik Indonesia: Produk Budaya yang Akan Dicari Banyak Orang

“Saya mendukung masyarakat seluruh dunia untuk lebih menghemat penggunaan plastik dengan kita membawa sendiri shopping bag yang bisa dibawa ke dalam tas,” ucapnya.

Sementara itu, desainer Evelyn Angelia menyampaikan bahwa ide membuat tas belanja sebagai suvenir saat Miss World sepenuhnya dari Carla. Agar bisa benar-benar menunjukkan kekayaan budaya Indonesia, Evelyn memakai kain batik dan tenun yang dibelinya dari berbagai daerah.

“Tas ini sangat praktis, bisa dipakai sebagai kantung belanja, jadi fordable shopping bag. Ide ini sepenuhnya dari Carla, jadi dia kasih aku contoh lalu kita produksikan ini dengan bahan Indonesia karena mau dibagikan kepada kontestan lainnya di Miss World supaya mereka bisa mengingat budaya Indonesia,” ujarnya.

“Carla memesan 50 piece. Ini prosesnya aku pesan beda-beda batik dari seluruh Indonesia. Jadi dari beda-beda tempat,” imbuh Evelyn.

Penjahitan tas belanja tersebut sepenuhnya dikerjakan oleh para warga binaan di PSBD Budi Bhakti. Evelyn mengungkapkan, pembuatan tas belanja tersebut bukan kali pertama kerjasamanya bersama Carla.

Baca Juga:
Persaingan Bakal Sengit di Miss World 2021, Begini Kata Carla Yules

Pada awal pandemi 2020, Carla juga pernah memesan ratusan masker hasil tangan para warga binaan yang akan dibagikan ke saat kunjungannya ke daerah.