Misi dan Eksperimen Crew-3 NASA dan SpaceX di Luar Angkasa

Andrygmv.net —

SpaceX dan NASA kembali memberangkatkan empat astronaut ke Stasiun Internasional Luar Angkasa atau ISS, mereka disebut sebagai Crew-3.

Keempat astronaut tersebut yakni Raja Chari, Kayla Barron dan Tom Marshburn dari Amerika Serikat serta Matthias Maurer dari Jerman.

Keempat astronaut itu meluncur ke ISS menggunakan kapsul Crew Dragon yang dipasang pada roket Falcon 9 dari Pusat Antariksa Kennedy di Florida.

Crew-3 adalah bagian dari proyek kerja sama NASA dan SpaceX yang ditandatangani setelah mengakhiri program Space Shuttle pada 2011. Tujuannya adalah memulihkan kapasitas AS dalam melakukan penerbangan manusia menuju antariksa.

Penelitian di Luar Angkasa

Kuartet astronaut ini akan menghabiskan enam bulan di pos orbit untuk melakukan penelitian, membantu menginformasikan eksplorasi ruang angkasa di masa depan yang memberi manfaat bagi kehidupan di Bumi.

Sorotan ilmiah dari misi tersebut termasuk percobaan untuk menumbuhkan tanaman di luar angkasa tanpa tanah atau media pertumbuhan lainnya.

Selain itu misi yang dijalankan juga termasuk membangun serat optik dalam gaya berat mikro, yang menurut penelitian sebelumnya akan lebih unggul kualitasnya daripada yang dibuat di Bumi.

Tim astronot Crew-3 juga akan melakukan perjalanan ruang angkasa untuk menyelesaikan peningkatan panel surya stasiun dan akan hadir untuk dua misi pariwisata.

Ini meruapkan misi operasional ketiga SpaceX dan NASA sebagai bagian dari Program Kru Komersial agensi. Setiap misi, termasuk Crew-3, seharusnya berlangsung selama enam bulan.

SpaceX dengan roket dan kapsul yang mereka ciptakan bertanggung jawab untuk memberangkatkan astronaut dan juga membawa mereka pulang lagi.

“Selamat datang di orbit. Semoga Anda menikmati perjalanan dari [Falcon 9]. Dragon akan membawamu dari sini. Perjalanan aman,” kata pengendali misi SpaceX kepada kru ketika mereka berpisah dari sisa roket dilansir The Verge.

“Senang rasanya menjadi bagian dari misi ini bersama Anda. Nikmati liburan Anda di antara bintang-bintang. Kami akan melambai saat Anda terbang. Bersulang,” timpal Direktur peluncuran SpaceX.

Keempat astronaut telah tiba dengan selamat di Stasiun Internasional Luar Angkasa sekitar 22 jam setelah penerbangan. Keempatnya juga disebut sudah siap untuk memulai misi mereka di luar angkasa.

“Crew Dragon secara resmi berhasil mencapai ISS,” kata Courtney Beasley, perwakilan NASA, dilansir dari Space.

Mereka akan mengerjakan lebih dari 200 eksperimen sains dan melakukan perjalanan luar angkasa selama berada di stasiun, yang mengorbit rata-rata 250 mil atau sekitar 400 kilometer di atas Bumi.

Keberangkatan Crew-3 dilaksanakan beberapa hari setelah Crew-2 yang juga berjumlah empat orang mendarat kembali ke bumi usai jalankan misi 199 hari di ISS.

(ttf)

[Gambas:Video CNN]